Awas! Empat Varian Virus Corona Sudah Menyebar di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Empat varian virus corona telah menyebar ke sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang. Bahkan, keempat varian yang mengakibatkan Covid-19 itu sudah terdeteksi sejak Juni 2021.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Endang Suryadi, wilayahnya diserang oleh empat varian virus corona, yaitu Alfa, Delta, Beta dan Gamma. 

“Empat varian ini sudah masuk Karawang dan menyebar ke berbagai wilayah dan sudah terdeteksi sejak Juni 2021,” kata Endang, Minggu (11/7/2021), seperti dilansir iNews.

Baca Juga:  SMP PGRI Sindang Indramayu Diteror, Kaca Tiga Ruangan Pecah Dilempari Batu

Sementara itu, tingginya kasus Covid-19 di Karawang disebabkan oleh klaster industri. Dari klaster industri menyebar ke keluarga hingga akhirnya kasus penyebarannya tidak terkendali.

Dia mengatakan, dalam satu pekan pertama pemberlakuan PPKM Darurat, positif rate Covid-19 mencapai angka 3.864 kasus dengan angka kematian mencapai 119 jiwa.

Baca Juga:  Waduh! Dalam Sehari, Limbah Sampah Medis di RSHS Bandung Capai 900 Kilogram

“Setelah kita cermati lebih dalam lagi tingginya kasus Covid-19 di Karawang belakangan ini dari klaster industri yang kemudian menyebar ke klaster keluarga,” katanya. 

“Jadi industri ini kan banyak karyawannya dan tinggal di perumahan hingga menjadi dua klaster industri dan keluarga,” sambung dia.

Baca Juga:  Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat Berpotensi di 21 Wilayah

Menurut dia, kasus Covid -19 di Karawang meningkat tajam seusai mudik Lebaran. Puncak penyebaran kasus Covid -19 sebelumnya diprediksi pada minggu ketiga bulan Juni. 

“Sedikit meleset dari prediksi karena lebih cepat. Ternyata minggu kedua sudah mulai meningkat,” katanya. (Red)