Begini Cara Menyiasati Pendapatan Berkurang Saat Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi Covid-19 menyebabkan angka pengangguran di Indonesia semakin tinggi. Ada banyak masyarakat yang terpaksa kehilangan pekerjaan dan terpaksa dipotong gajinya karena berkurangnya pendapatan perusahaan.

Tentu bukan kejadian yang diharapkan, bukan? Di sisi lain harga kebutuhan pokok juga tidak murah, malahan naik untuk bahan-bahan tertentu. Meski pandemi membuat pendapatan berkurang, setidaknya kita masih bisa melakukan beberapa siasat untuk mengatasinya.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menyiasati Pendapatan Yang berkurang saat Pandemi Covid-19 yakni:

Baca Juga:  Asik, Tahun Depan Kota Bandung Akan Punya KRL, Ini Rencana Rutenya

Pertama. Menyusun anggaran pengeluaran yang baru – Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menyusun anggaran pengeluaran yang baru. Sebab, nominal gaji yang diterima bulan ini dan berikutnya tidak sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Untuk pos pengeluaran yang terjadi secara rutin, seperti listrik, internet, dan pulsa, kamu bisa siasati dengan mengurangi pemakaiannya agar nominalnya lebih kecil. Sedangkan untuk kebutuhan pokok, seperti makanan, bisa diakali dengan memasak makanan sendiri.

Baca Juga:  Hore, Jembatan Ambruk di Kampung Rebah, Serdang Bedagai Segera Dibangun

Kedua. Mengurangi kebiasaan keluar rumah – Aktivitas keluar rumah, seperti hangout, nongkrong, dan belanja di akhir pekan juga perlu dikurangi. Aktivitas ini dapat membuat pengeluaranmu membengkak.

Coba bayangkan kalau kamu tiba-tiba kelaparan saat sedang mengobrol bersama teman, mau tidak mau harus beli makanan, bukan? Atau mungkin kalau obrolannya asyik, kamu akan order menu tambahan. Boleh keluar rumah, tapi jangan terlalu sering. Tidak perlu juga mengunjungi tempat yang elit atau mewah.

Baca Juga:  Herdiat Sunarya Pastikan Tak Ada Penyekatan Mudik Lebaran di Ciamis

Ketiga. Tetap sisihkan gaji untuk ditabung – Memang sulit rasanya untuk menabung saat pemasukan yang diterima tidak seperti bulan-bulan sebelumnya. Tapi demi keamanan finansial di masa mendatang, menabung tetap harus dilakukan meskipun jumlahnya berkurang.

Kamu dapat mensiasati anggaran untuk tabungan dengan cara menghemat pos pengeluaran yang lain. Misalnya mengosongkan jadwal bepergian selama 2 minggu agar uangnya dapat dialokasikan untuk tabungan. (Red)