Begini Cara Memilih Helm Sepeda Agar Aman Dan Nyaman Saat Digunakan

JABARNEWS | BANDUNG – Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang dari berbagai kalangan dan usia. Sama seperti mengendarai sepeda motor, helm adalah benda penting yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda.

Khususnya dalam kegiatan bersepeda dengan jarak yang jauh, helm akan melindungi kepala Anda jika terjatuh. Berbagai brand terkenal seperti Endura, Limar, dan Rockbros berlomba membuat helm sepeda yang ringan, modis, dan berharga terjangkau.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara memilih helm sepeda agar aman dan nyaman yakni:

Baca Juga:  Pantau Pilkada, Perangkat Daerah Kota Depok Harus Utamakan Protokol Kesehatan

Pertama. Pilih Helm Sesuai Degan Bentuk Kepala – Perlu menyesuaikannya dengan bentuk kepala Anda. Seberapa mahal pun helm yang dibeli, jika tidak pas di kepala tentu Anda tidak mau menggunakannya, bukan?

Secara umum bentuk kepala dibagi menjadi dua, yaitu bulat (khas Asia) dan lonjong (ala Barat). Setiap produsen biasanya membuat helm dengan lebih condong ke bentuk kepala tertentu, entah bulat atau lonjong.

Baca Juga:  Kabar Baik untuk Guru Honorer Di Tengah Pandemi Covid-19

Kedua. Pastikan desainnya Anda sukai – Helm sepeda model high-end dibuat dengan lebih memperhatikan aliran udara dibandingkan dengan entry model. Nah, helm sepeda dengan aerodinamika tinggi biasanya memiliki desain yang lebih atraktif.

Bagi Anda yang mengutamakan desain, Anda bisa memilih baik entry model maupun helm yang kelasnya lebih tinggi. Pastikan saja bahwa dana Anda mencukupi untuk membeli helm yang diinginkan.

Ketiga. Gunakan Helm bersertifikasi untuk mengikuti perlombaan – Ketika Anda berlomba dan sedang dalam kecepatan tinggi atau menempuh area seperti hutan, risiko terjatuh semakin tinggi. Untuk menanggulangi hal tersebut, helm yang dirancang khusus untuk perlombaan dan mampu memberi perlindungan lebih sangat direkomendasikan.

Baca Juga:  Naik 10,85%, Belanja Iklan Televisi Capai Rp. 25,25 Triliun

Untuk peserta lomba sepeda, helm juga merupakan barang konsumtif. Oleh karena itu, bagi Anda yang rutin mengikuti lomba tidak adanya salahnya menyediakan dua jenis helm berbeda. Helm yang satu untuk digunakan sehari-hari, satunya lagi untuk Anda pakai saat mengikuti lomba. (Red)