Begini Tanda Kampas Kopling Motor Matic Minta Ganti

JABARNEWS | BANDUNG – Fungsi kampas kopling ganda memang cukup vital. Komponen sepeda motor matic yang satu ini terletak pada bagian CVT. Peranannya memang cukup penting untuk Continuously Variable Transmission (CVT).

Kopling ganda itu sendiri merupakan sistem kopling yang terdapat dua buah mekanisme pada sepeda motor. Ada dua komponen pada bagian tersebut yakni kampas kopling ganda dan rumah kopling.

Baca Juga:  Lahan Pertanian di Daerah Jabar Terdampak Kekeringan

Motor matic menggunakan kampas kopling ganda yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda belakang. Kampas kopling ganda yang mulai aus bisa membuat tenaga yang disalurkan menjadi tidak maksimal.

Oleh sebab itu berikut beberapa tanda kampas kopling ganda pada motor matic mulai tipis yakni:

Pertama. Tenaga melemah – Tanda kampas kopling motor matic mulai habis yang pertama yakni tenaga motor mulai melemah. Hal tersebut disebabkan tipisnya bagian kampas kopling motor.

Baca Juga:  Tim Kuasa Jokowi-Ma'ruf dan KPU Pertanyakan Perbaikan Gugatan

Namun, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Top speed. Kalau top speed sendiri sebenarnya tidak berpengaruh, namun butuh waktu untuk memaksimalkan kecepatan alias agak lemot.

Kedua. Starter terasa los – Hal ini terjadi saat mencoba menghidupkan mesin motor dengan kaki atau engkol. Nah, saat diengkol, maka terasa ringan. Ini juga bisa jadi gejala kampas kopling aus, atau habis.

Baca Juga:  DCT Legislatif Kabupaten Subang Sebanyak 642 Orang

Ketiga. Putaran mesin sepeda motor tinggi – Kasus ini terjadi, karena pengaruh dari akselerasi yang melemah dan kampas kopling mulai licin. Sehingga, mesin kemudian menjadi memiliki putaran yang tinggi walau kecepatan standar. (Red)