BMKG: Pagi Ini, Gempa Telah Guncang Bandung, Garut dan Cianjur

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa telah terjadi gempa bumi di wilayah Jawa Barat, pagi ini sekitar pukul 06:49:13 WIB, Selasa, (19/7/2021).

BMKG menunjukkan gempa bumi yang mengguncang di wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Cianjur kawasan selatan, Jawa Barat, memiliki kekuatan M=4.0.

Menurut BMKG, Episenter terletak pada koordinat 7.78 LS dan 107.24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km Barat Daya Kabupaten Bandung, pada kedalaman 30 kilometer.

Baca Juga:  Jelang Natal, Polres Majalengka Sterilisasi Gereja

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia.

Baca Juga:  Ingin Luruskan Sejarah, Raden Rahardjo Djali Nobatkan Diri Jadi Sultan Kasepuhan Cirebon

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan, Caringin, Rancabuaya, Cijagra, Sindangbarang, Pamengpeuk dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” katanya melalui siaran tertulis, Senin (19/7/2021).

Baca Juga:  DPPKB Purwakarta: Tingkatkan SDM Mulai Dari Keluarga

Hingga pukul 07:11 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (Red)