Berikut Beberapa Tradisi Unik Saat Idul Adha di Berbagai Negara

JABARNEWS | BANDUNG – Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang banyak dinantikan oleh umat muslim di Seluruh dunia dengan berbagai macam tradisi.

Idul Adha adalah hari yang penuh dengan suka cita. Di seluruh dunia, cara-cara untuk merayakan Idul Adha bervariasi.

Oleh sebab itu berikut beberapa tradisi unik perayaan idul adha di berbagai negara yakni:

Pertama. Menghias Hewan Kurban (Turki) –  Perayaan Idul Adha di Turki dimulai dengan pelaksanaan salat, mengunjungi makam anggota keluarga, mendatangi tetangga, dilanjut penyembelihan hewan kurban dan makan bersama.

Baca Juga:  Soal Nama Bandara BIJB, Akademisi Menilai Cenderung Abdul Halim

Di beberapa provinsi, hewan kurban akan dirias terlebih dahulu sebelum akhirnya disembelih. Hewan tersebut dimandikan sampai bersih, dicat dengan henna atau dipasangkan pita warna-warni.

Kedua. Memandikan Hewan Kurban (Pakistan) – Perayaan unik saat Idul Adha selanjutnya adalah tradisi memandikan hewan kurban di Pakistan. Sebelum disembelih, umat muslim di Pakistan ingin hewan kurban mereka bersih dan rapi. 

Baca Juga:  Ini Kata Daop 2 Bandung Jelang Natal 2018 Dan Tahun 2019

Tempat-tempat pencucian kendaraan biasanya akan berubah menjadi tempat pemandian hewan kurban menjelang Idul Adha. Dilansir dari Reuters, biaya memandikan hewan kurban dibanderol 200 hingga 300 rupee Pakistan atau setara dengan Rp 40-60 ribu per pencucian.

Baca Juga:  Kampus UINSU Dapat Meningkatkan Perekonomian Warga Tebing Tinggi

Ketiga. Salty Eid dan Pasar Malam (Inggris) – Islam merupakan agama terbesar kedua di Inggris. Melansir dari Time and Date, perayaan Idul Adha oleh umat muslim di Inggris seringkali dijuluki dengan istilah ‘Salty Eid’. 

Setelah penyembelihan hewan kurban, masjid ataupun kelompok-kelompok lain dapat mengatur agenda makan bersama. Hidangan yang populer adalah kebab, haleem, dan biryani. (Red)