Pasien di RS Rujukan Tidak Tertampung, BPBD Jabar Bangun Tenda Serbaguna

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar membangun tenda-tenda serbaguna di rumah sakit rujukan Covid-19 untuk membantu pasien yang terus berdatangan dan tidak tertampung.

Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dani Ramdan menyebutkan, tenda serbaguna dibangun agar tidak ada lagi pasien yang terbaring di lorong atau selasar instalasi gawat darurat dan menjadi preseden buruk penanganan Covid-19 di Jabar.

“Meskipun BOR kita saat ini sudah turun, namun tenda itu tetap kita bangun mengantisipasi kejadian serupa seperti pada awal hingga pertengahan Juni kemarin,” katanya lewat sambungan telepon, Senin (19/7/2021).

Baca Juga:  Pengumuman Perserta Lolos Kartu Prakerja Gelombang II, Kamu Termasuk?

Menurut Dani, pengadaan tenda serbaguna berasal dari bantuan dari pemerintah pusat berupa dana sewa untuk tenda.

“Kita dapat bantuan dari BNPB untuk penyewaan tenda. Jadi kalau sudah tidak digunakan, tendanya nanti dikembalikan. Sementara untuk pengadaan sarana penunjang lainnya seperti velbed dan toilet portable, disediakan oleh BPBD Jabar,” jelasnya.

Baca Juga:  Target Capai 24 Miliar, Retribusi IMB Kota Depok Bisa Terealisasikah?

Saat ini baru di enam rumah sakit rujukan yang sudah dibangun tenda serbaguna, yaitu di RSUD Al Ihsan milik Pemda Prov Jabar di Kabupaten Bandung, RSUD Majalengka, RS Sumber Waras Cirebon, RS Paru Cirebon, RS Mitra Plumbon Cirebon, dan RSUD Subang.

“Rencananya ada 50 rumah sakit rujukan baik pemerintah maupun swasta yang akan dipasang tenda serbaguna itu. Namun bertahap, dengan syarat rumah sakit yang bersangkutan harus memiliki lahan untuk pendirian tendanya,” jelas Dani.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tegaskan Cadangan Beras Harus Ada di Setiap Gudang Bulog

Selain tenda serbaguna, BPDB juga membangun toilet-toilet portable agar pasien tidak harus jauh- jauh pergi ke toilet rumah sakit. Pemasangan tenda serbaguna itu dimulai sejak pertengahan Juli. (Red)