Begini Cara Cerdas Dan Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian orang yang tidak berani mengakses layanan kartu kredit dan menggunakannya. Rasa khawatir akan memiliki utang tentu menjadi salah satu alasan utama.

Kartu kredit sebenarnya dapat memiliki beragam kegunaan yang bisa manfaatkan. Namun, kebanyakan orang tidak tahu menggunakan kartu kredit dengan cerdas dan bijak.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menggunakan kartu kredit dengan cerdas dan bijak yakni:

Pertama. Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan tentukan anggarannya – Kamu harus memahami aturan dasar penggunaan fasilitas ini, bahwa semua transaksi akan menghasilkan sejumlah tagihan. Semua tagihan ini adalah utang yang harus dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Baca Juga:  Kereta Api Solo-Bandung Anjlok di Nagreg

Artinya, sangat penting untuk selalu merencanakan pembelanjaan/ transaksi kartu kredit kamu dengan baik. Sesuaikan limit atau penggunaan kartu kredit dengan kondisi dan kemampuan keuangan.

Kedua. Baca dan pahami semua syarat serta ketentuan -Pastikan kamu selalu membaca dan memahami dengan baik semua syarat dan ketentuan kartu kredit. Jika perlu, kamu bisa menanyakan berbagai poin yang kurang dipahami terkait hal tersebut kepada pihak bank.

Baca Juga:  Ratusan Dosen dan Tenaga Kependidikan UGJ Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19

Pemahaman yang baik seperti ini akan memungkinkan kamu menggunakan kartu kredit dengan lebih tepat, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari hal tersebut.

Ketiga. Bayar tagihan penuh setiap bulannya – Tagihan yang tidak terlunasi merupakan indikasi penggunaan kartu kredit yang tidak terencana. Jumlah tagihan ini akan menjadi jauh lebih besar di bulan berikutnya, sebab bank akan menerapkan sejumlah bunga.

Baca Juga:  Pembelaan Iko Uwais Soal Kasus Penganiayaan yang Melibatkan Dirinya

Hal ini bahkan akan semakin buruk, jika ternyata kamu kembali menggunakan kartu tersebut dan tidak melunasi tagihan lagi di bulan berikutnya. Jika ingin bebas masalah, hindari kondisi seperti ini saat memakai kartu kredit. (Red)