Scallop, Kerang Simping Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Scallop adalah jenis kerang bernutrisi tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikenal dengan sebutan kerang simping.

Berbeda dari kerang yang sering terlihat di restoran, kerang simping memiliki cangkang yang relatif besar. Warnanya coklat muda, dagingnya lembut, dan terasa sedikit manis. Ditambah lagi kerang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Oleh sebab itu berikut manfaat kerang simping atau Scallop bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Polisi Bekuk Pengedar Uang Palsu Senilai Rp. 6 Miliar

Pertama. Meningkatkan fungsi otak – Kandungan vitamin B12, zinc, dan asam lemak omega 3 yang cukup banyak dalam scallop memainkan peran penting untuk menjaga fungsi normal otak, meningkatkan perkembangan sistem saraf, dan mengurangi risiko terjadinya gangguan mental.

Memenuhi asupan nutrisi tersebut juga sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan otak bayi. hal tersebut juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit seperti Alzheimer dan depresi.

Baca Juga:  Pesan Presiden Jokowi Untuk Anak Indonesia, Semangat Belajar dan Bergembira

Kedua. Menjaga kesehatan jantung – Manfaat scallop dalam menjaga kesehatan jantung didapat dari 2 kandungan mineral di dalamnya, yaitu magnesium dan kalium. Memenuhi asupan nutrisi tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, scallop juga diperkaya akan omega-3 alami, yaitu asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi scallop dapat memenuhi hampir 80% dari kebutuhan omega-3 harian.

Baca Juga:  Jumlah Korban Tsunami Anyer Sebanyak 157 Orang

Ketiga. Mengurangi risiko kanker – Kandungan selenium dalam scallop diduga dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena kanker tertentu. Manfaat scallop ini dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa orang dengan tingkat selenium darah yang tinggi berisiko lebih rendah untuk terkena kanker, terutama kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan prostat. (Red)