Oksigen Cuma untuk Pasien Covid-19, Pasien Umum di Ciamis Terlantar

JABARNEWS | CIAMIS – Seorang pasien dengan gejala sesak napas sempat terlantar dan kepanasan di halaman parkir depan IGD Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga Ciamis, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021).

Kondisi itu terjadi karena stok oksigen di RSU Dadi Keluarga  Ciamis terbatas hanya untuk melayani pasien Covid-19 yang telah terkonfirmasi positif.

Pasien yang berasal dari Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing itu beberapa jam harus terlantar di atas mobil bak terbuka dengan kondisi lemas dan sangat membutuhkan pertolongan medis.

Baca Juga:  Penasaran Dengan Ramalan Zodiak Hari Ini, Pemilik Rasi Bintang Scorpio dan Sagitarius Wajib Baca Ini

Salah satu anggota keluarga pasien mengatakan, dirinya sudah ke beberapa rumah sakit. Namun, pasien tersebut tidak bisa ditangani oleh pihak rumah sakit dengan alasan tidak ada stok oksigen untuk pasien selain Covid-19.

“Sehingga kami dari pihak keluarga memutuskan untuk ke RSU Dadi Keluarga,” katanya, dikutip dari HR Online.

Akan tetapi, lagi-lagi kondisi RSU Dadi Keluarga sama dengan rumah sakit lain yakni mengalami keterbatasan oksigen.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagittarius: Ada Banyak Perkara yang Tampak Kabur di Mata Anda

Setelah beberapa jam menunggu dan tidak membuahkan hasil akhirnya pihak keluarga berinisiatif mencari rumah sakit lainnya dan berharap pasien keluarganya bisa ditangani dengan baik.

Di waktu terpisah, Direktur RSU Dadi Keluarga, dr H Muhamad Iqbal menegaskan, stok oksigen di rumah sakitnya masih bisa melayani pasien hingga beberapa hari kedepan.

Namun pihaknya masih bisa menerima pasien umum lainnya yang memiliki gejala sesak napas.

Baca Juga:  Pencuri Peralatan Listrik di Majalengka Berhasil Ditangkap

“Kami mengakui untuk stok tabung oksigen sangat terbatas. Namun untuk Liquid atau cairan oksigen beberapa hari kedepan insyaAllah masih aman,” katanya.

Terkait adanya pasien terlantar, menurut Iqbal dirinya akan mengecek secara langsung kebenarannya.

Pasalnya, untuk pasien yang menggunakan oksigen ada prosedur yang harus ditempuh sebelum dilakukan perawatan.

“Memang untuk pelayanan oksigen kita lebih mengkonsenkan kepada pasien yang Covid. Tetapi untuk diluar itu kita masih melayani,” pungkasnya. (Red)