Tiga Hal Yang Mesti Diperhatikan Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

JABARNEWS | BANDUNG – Menjadi pengguna aktif kartu kredit, kamu memiliki kewajiban membayar tagihannya setiap bulan. Nominalnya tergantung dari transaksi keuangan yang sudah dilakukan dengan kartu kredit tersebut.

Ketika ingin membayar tagihan kartu kredit, tentunya bukan hanya ketersediaan uang yang harus kamu perhatikan. Ini poin penting lain yang wajib diingat agar kartu kredit tidak menjadi malapetaka.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat membayar kartu kredit yakni:

Baca Juga:  Bakal Digaji Rp20-25 Juta, Pemerintah Jepang Cari Pekerja Indonesia

Pertama. Bayar sebelum jatuh tempo – Tanggal jatuh tempo merupakan tanggal atau batas akhir kamu harus melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tersebut. Lewat tanggal terakhir pembayaran belum diterima bank penerbit, berarti terjadi keterlambatan.

Ketentuan ini tergantung kebijakan bank penerbit kartu kredit yang kamu gunakan. Begitu lewat, kamu akan kena bunga sekaligus denda keterlambatan di tagihan kartu kredit bulan berikutnya.

Kedua. Bayar penuh tagihan – Bank penerbit kartu kredit umumnya menetapkan pembayaran minimum sebesar 10 persen dari total tagihan yang harus dibayar. Misal kamu punya tagihan Rp 3 juta, maka jumlah pembayaran paling sedikit sebesar Rp 300 ribu.

Baca Juga:  Hati-Hati Di Area Terbuka, Di Majalengka Ada Seorang Petani Tewas Tersambar Petir

Akibatnya banyak pengguna tidak bisa lepas dari pembayaran tagihan minimum atau minimum payment ini. Padahal cara pembayaran tersebut punya resiko besar. Utangmu akan semakin menggunung.

Sebab ketika kamu hanya membayar tagihan minimum, maka di bulan berikutnya kamu harus membayar 10 persen dari total tagihan, ditambah sisa hutang kartu kredit sebelumnya, plus bunganya.

Baca Juga:  Sidang Tahunan MPR, Jokowi Apresiasi Kinerja MA, MK, Dan KY

Ketiga. Lakukan pembayaran online agar lebih hemat – Membayar tagihan kartu kredit saat ini sangat mudah. Bisa dilakukan dengan cara offline dengan mengunjungi kantor cabang bank maupun online. Namun agar lebih praktis, hemat waktu dan tenaga, lebih baik bayar tagihan kartu kredit secara online.

Melalui SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, e-commerce, dan fintech. Terlebih di masa pandemi begini. Layanan bank dibatasi untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. (Red)