15 Ribu Seniman Terdampak Covid-19, Disparbud Jabar Siapkan Rp3 Miliar, Untuk Apa?

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mencatat, berdasarkan data per 2020, total yang terdampak Covid-19 di sektor industri pariwisata dan budaya sebanyak 65 ribu jiwa.

Dari angka itu, 15 ribu jiwa di antaranya adalah seniman dan budayawan. Jumlah tersebut bisa bertambah, maka, pendataan terus dilakukan.

Baca Juga:  BPSMB Agro Bandung Didorong Lebih Inovatif dan Kreatif

“Saya ditugaskan Pak Gubernur, coba mencarikan solusi. Salah satunya memberikan bantuan. Ini sudah dimulai, hari ini ada 399 seniman dan budayawan yang mendapatkan sembako dan uang dari Pemprov Jabar,” kata Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik dalam keterangan yang diterima, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga:  Wow Capai Sejuta Penonton, Film OKB Resmi Jadi Film Box Office Ketiga Tahun ini

Dia mengaku, saat ini Disparbud Jabar sedang menyiapkan langkah pemulihan ekonomi.

Salah satunya, lanjut Dedi memfasilitasi kesenian dan karya para seniman serta budayawan dalam sebuah medium digital, anggaran yang disiapkan Rp3 miliar.

Kemudian, pihaknya segera menyiapkan ruang publik untuk seniman dan budayawan, termasuk promosi pariwisata secara terintegrasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis Masih Jauh dari Target

“Ini semua sedang berproses. Termasuk untuk company (perusahaan) industri pariwisata yang lain, seperti relaksasi, penundaan pajak dan diskon listrik hingga air. Itu salah satu keinginan asosiasi. Semuanya sedang berproses,” tandasnya. (Red)