DPRD Jabar Minta Pemprov Segera Percepat Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat fraksi PKS Heri Koswara meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk melakukan percepatan realisasi penyerapan anggaran yang dapat dialokasikan untuk keperluan penanggulangan Covid-19 terutama untuk mendukung fasilitas pelayanan kesehatan.

“Seharusnya, idealnya, dalam jangka waktu setengah tahun ini penyerapan anggaran sudah mencapai 50 persen bahkan di atas itu ya, kalau kita lihat dari target Kemendagri. Tapi nampaknya belum sampai target, masih di bawah itu,” kata Heri, Senin (26/7/2021).

Baca Juga:  Takut Terjadi Kerumunan Massa, KPU Jabar Berencana Tambah TPS

“Anggaran bisa digunakan untuk membangun fasilitas terpusat misalnya bagi pasien isolasi. Bisa juga untuk keperluan membayar insentif tenaga kesehatan atau proses 3 T di masyarakat,” tambahnya.

Dengan demikian maka solusi penyelesaian masalah Covid-19 juga bisa dipercepat. Sebab, hingga kini dana yang terserap untuk penanggulangan Covid-19 terbilang masih minim.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta: Pelaku Usaha dan Konsumen Taati Imbauan Pemerintah

“Tentu saja yang masih juga lemah di kita adalah penerapan Prokes apalagi saat PPKM. Bisa juga anggaran digunakan sebagian untuk mengedukasi secara luas dan menyeluruh kepada seluruh masyarakat agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga kasus covid-19 tidak semakin meningkat,” ucapnya.

Baca Juga:  Mahfud MD Sampaikan Duka Atas Hilangnya Eril di Sungai Aeree Swiss, Ini Harapannya

Sementara itu, Kemendagri sudah mengirimkan surat teguran kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil agar segera mempercepat realisasi anggaran Covid-19.

Ridwan Kamil sendiri beralasan bahwa keterlambatan atau rendahnya penyerapan anggaran salah satunya karena pihak RS rujukan Covid-19 banyak yang belum mengajukan anggaran, sehingga dana yang ada (stand by) belum bisa dicairkan. (Red)