Persentase Rendah, DPRD Jabar Minta Pemprov Kebut Vaksinasi di Pondok Pesantren

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sidkon Djampi mendorong, pemerintah pusat maupun provinsi segera melakukan vaksinasi pada pondok-pondok pesantren di Jawa Barat.

“Permohonan vaksinasi yang menyasar pada pondok-pondok pesantren ini saya juga sampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui Menteri Agama dan Menteri Polhukam tadi dalam sesi webinar dan diapresiasi oleh Gubernur, Polda Jabar,” kata Sidkon saat dihubungi, Minggu (25/7/2021).

Sidkon menyebut, bahwa hingga sampai saat ini angka persentase vaksinasi di pondok-pondok pesantren belum signifikan. Hal ini disebabkan besarnya jumlah pondok pesantren di Jawa Barat yang mencapai sekitar 12.000.

Baca Juga:  Penuhi Kuota CPNS, Pemerintah Godok Aturan Baru

“Saya sudah berulang-ulang ingatkan sejak awal pandemi, bahkan sejak pembahasan Raperda di pada tahun 2020 meminta agar pemerintah pusat dan daerah memperhatikan kluster pesantren. Progres vaksinasi sampai saat ini di pondok pesantren belum terlalu banyak, apalagi kalau dibilang persentase dari jumlah sekitar 12.000 pondok pesantren di Jawa Barat,” tuturnya.

Meskipun jumlahnya belum signifikan, Sidkon tetap mengapresiasi pihak-pihak yang telah melakukan vaksinasi di pondok-pondok pesantren di Jawa Barat.

“Tadi pagi saya mendapatkan kabar dari Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar sudah memulai vaksinasi di Pondok Pesantren. Saya kira belum lama, tapi setidaknya ini sudah memulai gerakan vaksinasi di pondok-pondok pesantren diantaranya di Garut, Sumedang, dan beberapa waktu yang akan datang di Cirebon serta daerah lainnya,” ungkap Sidkon yang merupakan Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar tersebut.

Baca Juga:  Ini Pesan Kiai Said Aqil kepada AHY

“Ini akan menjadi komitmen bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Forkompinda yang ada terutama yang memiliki semacam definisi kesehatan dalam hal ini TNI dan Polri kami sangat mengapresiasi kepada Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar yang sudah menginisiasi vaksinasi ke pondok-pondok pesantren,” tambahnya.

Baca Juga:  Ini Harapan Anies Baswedan Pada Pengurus Baru AMSI DKI Jakarta

Lebih lanjut, Sidkon menjelaskan, hadirnya Perda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren di Jawa Barat juga dapat memacu tanggung jawab sekaligus hak Pemprov Jabar untuk membantu secara masif proses vaksinasi pada pondok-pondok pesantren hingga tuntas.

“Kalau saya berharap tuntas di tahun 2021 vaksinasi di pondok-pondok pesantren terutama di pesantren-pesantren salaf atau tradisional di Jawa Barat,” ujarnya.

“Saya memiliki keyakinan dan harapan setelah vaksinasi ini selesai kita akan bercengkrama dengan covid-19 seperti kita bercengkrama dengan virus flu biasa,” pungkasnya. (Red)