Tiga Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan, Diantaranya Melawan Virus

JABARNEWS | BANDUNG – Matoa adalah salah satu buah yang kurang dikenal. Tapi, siapa sangka jika buah yang berasal dari Papua ini punya manfaat besar untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata juga dikenal dengan sebutan Ton atau Taun di Papua Nugini.

Batang pohon matoa bisa mencapai 20 meter dan menghasilkan buah berbentuk lonjong. Pohon matoa hanya bisa berbuah di daerah tropis pada Juli hingga Oktober setiap tahunnya. Buah ini bertekstur kenyal dan berwarna bening seperti rambutan, kelengkeng atau leci. Namun apakah ada manfaatnya bagi kesehatan?

Baca Juga:  MUI Minta Umat Muslim Boikot Seluruh Produk yang Terafiliasi Israel saat Ramadhan

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Penguat Kekebalan Tubuh – Manfaat buah matoa yang pertama yaitu sebagai penguat kekebalan tubuh. Banyak orang sudah mengetahui bahwa semua buah yang kaya vitamin C adalah penambah imunitas yang sangat baik, tidak terkecuali bagi buah matoa.

Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat bagi Anda yang memerlukan stamina dan daya tahan tubuh selama beraktivitas atau berolahraga. Buah matoa dapat dimanfaatkan sebagai penambah energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Lantamal I Belawan Gandeng RSUP Adam Malik Medan Gelar Donor Darah

Kedua. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri – Manfaat buah matoa yang selanjutnya yaitu berguna untuk melawan infeksi virus. Infeksi virus tidak akan berakibat fatal, namun jika dibiarkan dapat berkembang menjadi penyakit yang serius.

Hal terbaik untuk melawan infeksi virus ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan Anda dalam keadaan prima. Dengan mengkonsumsi buah matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan, dapat memberikan perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

Baca Juga:  Liburan di Bandung, 8 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi

Ketiga. Mengatasi Jerawat – Manfaat buah matoa yang lainnya adalah untuk mengatasi jerawat. Buah matoa memiliki senyawa bersifat antimikroba yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Kandungan buah matoa bisa membunuh bakteri akibat masalah kulit, termasuk jerawat.

Vitamin C dan E dalam buah matoa akan membuat kulit lebih bersih tanpa jerawat. Maka dari itu, Anda perlu rajin mengonsumsi buah yang satu ini untuk mengatasi masalah jerawat. (Red)