Pangdam Siliwangi: Para Dandim Harus Distribusikan Bansos Tepat Sasaran!

JABARNEWS | BANDUNG – Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memerintahkan para Komandan Kodim (Dandim) agar memastikan pendistribusian bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Pangdam Siliwangi saat memimpin upacara Pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos), bertempat di Lapangan Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/7/2021).

“Ingat para Dandim, Saya perintahkan, distribusikan bansos dengan tepat sasaran dalam arti tepat guna, tepat sasaran, dan tidak ada yang menerima ganda,” tegas Pangdam Siliwangi.

Nugroho Budi Wiryanto juga menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan pendistribusian bansos di lapangan, hendaknya bersinergi dengan Polri, pemerintah daerah, dan unsur terkait lainnya di wilayah.

Baca Juga:  Fompa Akan Gelar Lomba Basket dan Futsal se-Purwakarta, Daftar Sekarang Juga !!!

Pangdam Siliwangi mengakui bahwa Pandemi Covid-19 saat ini masih belum menunjukan penurunan kasus Covid-19 yang signifikan. 

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menurunkan sebaran Covid-19, salah satunya melalui upaya PPKM Darurat wilayah Jawa dan Bali yang berakhir pada tanggal 20 Juli 2021 dan diperpanjang sampai dengan 25 Juli 2021.

“Namun, dengan adanya upaya tersebut ternyata cukup berhasil karena laju penambahan kasus, BOR (bed occupancy rate), dan positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa,” tuturnya.

Baca Juga:  Tinjau Pos PAM Bandara KNIA, Ini Pesan Kapolresta Deli Serdang

Pangdam Siliwangi mengatakan, dengan adanya sebaran Covid-19, tentu saja memiliki dampak terganggunya perekonomian masyarakat, khususnya para Pekerja Non Esensial dan Non Kritikal serta Masyarakat kurang mampu.

Hal itulah menurut Pangdam Siliwangi yang menjadi salah satu tantangan Pemerintah dan komponen bangsa yang lainnya, termasuk TNI dalam upaya meminimalisir dampak tersebut.

Kodam III/Siliwangi sebagai bagian dari komponen bangsa, terpanggil untuk ikut ambil bagian meringankan beban masyarakat dengan membantu mendistribusikan bantuan sosial secara berjenjang dimulai dari Kodam dan Korem yang ditindaklanjuti di tingkat Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi.

Baca Juga:  Panwas Tertibkan APK Di 30 Titik

“Oleh karenanya, saya ulangi lagi kepada para Dandim agar Bansos dapat didistribusikan secara tepat guna, tepat sasaran dan tidak ada yang menerima ganda, dan tetap menjaga kesehatan, jaga diri dan jaga keluarga, serta memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pesannya. (Yoy)