Makanan Penyebab Peradangan Yang Sebaiknya Kalian Hindari

JABARNEWS | BANDUNG – Peradangan juga sering dipicu sebagai cara untuk melindungi kesehatan, ketika sistem kekebalan tubuh mendapati sesuatu yang asing di dalam tubuh. Kemudian, sesekali peradangan dapat melindungi tubuh.

Tetapi peradangan kronis membuka pintu bagi banyak penyakit serius. Munculnya peradangan bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan bahwa peradangan sering dipicu sebagai cara untuk melindungi kesehatan, ketika sistem kekebalan tubuh mendapati sesuatu yang asing di dalam tubuh.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa makanan yang memicu peradangan yakni:

Baca Juga:  Aksi Unjuk Rasa Terjadi di Tol Cipularang KM 97, Jalur Arah Bandung Terhambat

Pertama. Karbohidrat Olahan – Karbohidrat olahan berupa roti tawar (roti putih), sereal, permen, dan lain-lain bisa menjadi penyebab peradangan tambah parah. Hal ini dikarenakan, komponen serat pada karbohidrat olahan telah dihilangkan.

Alhasil karena hilangnya komponen serat, maka akan mendorong pertumbuhan bakteri jahat yang memicu penyakit radang usus dan risiko obesitas. Karbohidrat olahan memiliki indeks glikemik (GI) yang jauh lebih tinggi daripada karbohidrat non-olahan.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa dan Sholat Wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang Rabu 29 Maret 2023

Kedua. Makanan Berlemak Tinggi – Menurut Obianuju Helen Okoye MD, dokter umum di St. Louis, orang yang gemar mengkonsumsi gorengan menunjukkan adanya tingkat inflamasi yang lebih tinggi. Maka dari itu, tidak dianjurkan makan goreng-gorengan saat badan sakit atau sedang punya luka di tubuh.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengungkapkan, hindari pula makanan yang memakai banyak margarin. Sebab, tak seperti daging dan susu yang merupakan sumber lemak trans alami, margarin termasuk sumber lemak trans buatan.

Baca Juga:  Truk Muatan CPO Terjun Bebas ke Jurang di Karo, Sopir Terjepit

Ketiga. Daging Olahan – Makanan olahan, seperti seperti sosis, ham, nugget, atau kornet biasanya sudah berubah bentuk dan juga telah ditambahkan pengawet. Demi kesehatan tubuh jangka panjang atau pendek, sebaiknya hindari makan makanan olahan yang ada di sekitar kita.

Makanan ini sebaiknya dihindari dulu saat tubuh sedang sakit dan mengalami peradangan. Sebuah penelitian mengamati makanan apa yang peserta makan dalam jangka waktu bertahun-tahun dan bagaimana efeknya untuk tubuh. (Red)