Ini Manfaat Makan Jeroan Ayam Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Organ pencernaan ayam atau yang biasa disebut jeroan ayam, biasa menjadi santapan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Masyarakat negara lain juga mengkonsumsi jeroan sebagai salah satu bahan santapan tradisional, tergantung budayanya.

Jangan menganggap remeh, jeroan pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya di Indonesia, jeroan juga banyak dikonsumsi masyarakat di mancanegara.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat jeroan ayam bagi kesehatan yakni:

Pertama. Sumber Lemak – Manfaat jeroan bisa didapat dari kandungan lemaknya yang tinggi. Lemak dibutuhkan oleh tubuh karena termasuk makronutrien. Tentunya hal tersebut bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga:  Perguruan Tinggi Se-Jawa Barat Gelar Deklarasi Anti Radikalisme

Setiap harinya, tubuh membutuhkan 20%-25% asupan kalori dari lemak. Apalagi untuk anak di bawah 2 tahun, kebutuhan lemak lebih tinggi untuk pertumbuhan otak. Nah, jenis jeroan yang mengandung kadar lemak tinggi adalah otak.

Kedua. Mengandung zat besi dan mineral seng – Selain protein, pada 3,5 ons jeroan ayam mengandung zat besi dan mineral seng yang cukup dibutuhkan oleh tubuh. Nah, organ pada perut ayam ini mengandung 3,19 miligram zat besi dan 4,42 miligram seng.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Desak Kemenlu Percepat Advokasi Soal Human Traficking

Jika dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi dan mineral seorang, wanita membutuhkan 18 mg zat besi dan 8 mg seng setiap hari, sedangkan pria membutuhkan 8 mg zat besi dan seng 11 mg setiap hari.

Ketiga. Menyediakan vitamin A dan vitamin B 12 – Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin A dan vitamin B12 juga terdapat pada jeroan hewan ayam. Nyatanya, pada 3 ons jeroan ayam mengandung 1,04 mikrogram vitamin A dan 2,4 mikrogram vitamin B12 yang Anda butuhkan setiap hari.

Baca Juga:  Intensitas Hujan Tinggi, DPRD Jabar Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Kandungan vitamin A berperan tinggi pada kesehatan sistem kekebalan tubuh, dengan memicu pertumbuhan sel darah putih baru, serta mengendalikan fungsi sel darah putih matang. Lalu, vitamin B12 berguna untuk pengembangan sel darah merah baru yang mendukung kesehatan sistem saraf. (Red)