Perahu Tongkang Bocor, Seorang Warga Tewas Tenggelam di Waduk Saguling

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Seorang warga tewas tenggelam di genangan waduk Saguling, tepatnya di Kampung Tangan-tangan, RT 1 RW 2, Desa Bongas, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Korban diketahui bernama Rijon Efendi (42), yang tercatat sebagai warga Kampung Sirah Situ, RT  3 RW 10, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

“Korban tenggelam saat menaiki tongkang, dicari sekitar setengah jam kemudian, dia ditemukan sudah meninggal dunia,” terang Danramil Cililin, Kapten Inf Furqon saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Bulan Puasa Ala Kreator TikTok

Menurut dia, peristiwa nahas yang dialami oleh korban terjadi pada Senin (26/7/2021) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. Korban tenggelam ketika hendak mengambil pancingan.

Dia menjelaskan, insiden tersebut terjadi ketika korban menaiki perahu tongkang ke saung jaring apung yang ada di tengah genangan Waduk Saguling. 

Ketika berada di atas perahu tongkang, tiba-tiba terjadi kebocoran di perahu tongkang yang dinaikinya, kemudian dengan cepat air menggenangi perahu.

Baca Juga:  Seludupkan Sabu, Dua Orang Tujuan Jakarta di Bandara Kualanamu Ditangkap

Diduga karena panik perahu akan tenggelam, korban yang tidak bisa berenang tersebut justru loncat dari perahu. Akibatnya korban tenggelam karena tidak sempat tertolong. 

Warga yang mencari korban akhirnya berhasil menemukannya dalam kondisi sudah meninggal dunia. Korban dievakuasi sekitar jam lima sore. 

“Langsung dibawa oleh keluarganya ke Pasirjambu untuk dikebumikan. Keluarganya menolak diautopsi dan menganggap kejadian tersebut sebagai musibah,” tuturnya.

Baca Juga:  Keren.. Bupati Cianjur Dapat Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo menambahkan, ada dua saksi yang melihat korban tenggelam, yakni Kurnia dan Sana yang sama-sama warga Pasirjambu, Kabupaten Bandung. 

“Saksi itu yang melapor ke petugas, lalu bersama petugas dari Polsek Cililin, Koramil Cililin, Damkar, dan aparat kewilayahan melakukan pencarian serta mengevakuasi korban usai ditemukan,” terangnya. (Yoy)