Purwakacida Hadirkan Warna Baru Musik Pop Sunda

JABAR NEWS | PURWAKARTA - Berawal dari mulai berkurangnya minat masyarakat untuk menciptakan atau pun menengarkan lagu-lagu Pop Sunda, terbentuklah Sanggar Seni Purwakacida.
Sangar Seni Purwakacida dibentuk oleh sekelopok pemuda asal Desa Cidahu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, dimana mereka berkreasi mengekspresiakan kecintaan mereka terhadapa musik sunda.
Kang Rara, salah satu pentolan Purwakacida mengatakan, musik Pop Sunda itu punya ciri khas. Kekhasannya ada pada liriknya yang mudah dicerna dengan aspek melodinya mudah dipelajari namun kontur melodi yang hampir sama.
"Untuk aspek melodi inilah kelihatannya dihampir semua musik-musik pop sunda memiliki kontur melodi yang hampir sama. Itu merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kami dalam menyajikan musikalitas sunda yang kekinian," katanya.
Ditempat yang sama Kang Ajat (korong) menambahkan, dari aspek lirik, sebenarnya banyak dari lagu pop Sunda itu menarik yang mencerminkan kehidupan sehari-hari. Namun, lirik tersebut terdengar menjadi lagu pop Sunda biasa karena aspek musikalitasnya yang cenderung sama.
"Hadirnya Purwakacida diharapkan bisa memberikan warna yang berbeda dengan memberikan setuhan musik sederhana namun mengena di hati penikmat musik tanah air," harapnya. (Zal)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait