93 Orang di Garut Keracunan, Makanan di Acara Pernikahan Diperiksa

JABARNEWS | GARUT – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan pada makanan yang diduga menjadi penyebab puluhan warga keracunan.

Keracunan yang dialami puluhan warga Garut itu, usai menyantap makanan yang dihidangkan dalam acara pernikahan di Kecamatan Cibiuk, Garut, Rabu (28/7/2021).

Banyak warga mengeluhkan sakit mual, muntah, dan pusing setelah menyantap makanan dalam acara pernikahan di Kecamatan Cibiuk, Garut.

Baca Juga:  Prabowo Tanya Keadilan Hukum, Jokowi Sindir Kasus Hoax Ratna Sarumpet

“Kita sudah ambil sampel makanan dan sampel muntah pasien,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Garut Asep Surahman, di Garut, Kamis (29/7/2021).

Jajaran Dinas Kesehatan Garut, kata dia, sudah melakukan penanganan medis terhadap puluhan warga yang menjadi korban keracunan usai menyantap makanan di acara syukuran pernikahan itu.

Baca Juga:  TNI dan Bea Cukai  Gagalkan Penyeludupan Ganja Kering di  Perbatasan RI-PNG

Dinas Kesehatan Garut, dia menekankan, tidak hanya menangani pasien yang keracunan, tapi juga mencari tahu penyebab warga keracunan dengan melakukan pemeriksaan pada makanan dan muntahan pasien.

Hasil pemeriksaan, kata dia, belum dapat diketahui, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium yang dapat diketahui hasilnya beberapa hari ke depan.

Baca Juga:  Kornet Fried Rice Ugghh... Yummy

“Untuk membuktikan ini penyebabnya makanan jenis apa, apakah bakteri atau kimia, itu butuh waktu beberapa hari,” katanya.

Asep menambahkan, kasus keracunan diduga dari makanan dilaporkan ada 93 orang. Namun, warga yang mendapatkan perawatan medis di puskesmas setempat sebanyak 28 orang. (Red)