Targetkan Herd Immunity Akhir 2021, Ridwan Kamil Minta Tambahan Vaksin

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyoroti perluasan dan percepatan distribusi vaksin COVID-19 untuk mengejar target kekebalan kelompok (herd Immunity) di Jabar.

Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat untuk mempercepat distribusi vaksin, sehingga target herd immunity di Jabar dapat tercapai dapat tercapai akhir 2021 mendatang.

Hingga saat ini, menurut Ridwan Kamil, Jabar baru menerima 10,4 juta dosis vaksin COVID-19, yang sebagian besar sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Jabar.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Papermint Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Sakit Kepala

“Dari pusat sekitar 10,4 juta vaksin dan dari total itu yang sudah dihabiskan sekitar 82 persen, sisanya masih berproses,” ungkap Ridwan Kamil dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/7/2021).

Dia menjelaskan, dibutuhkan percepatan distribusi vaksin untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas vaksinasi dari 100.000-an suntikan per hari menjadi 400.000-an suntikan per hari.

“Kita sudah mau menaikan dari kapasitas 100.000-an suntikan (per hari) ke 400.000-an suntikan (per hari),” ujar Ridwan Kamil.

Oleh karenanya, Ridwan Kamil berharap, pemerintah pusat menambah jatah vaksin COVID-19 bagi Provinsi Jabar, Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga:  Diduga Mencurigakan, Petugas Tembaki Minibus

Dia meyakinkan, jika kapasitas vaksinasi tercapai 400.000-an suntikan per hari, maka target herd Immunity di Jabar akhir 2021 mendatang bakal terwujud.

“Namun, jika tidak terealisasi dan kecepatan vaksinasi masih seperti saat ini, maka beberapa kabupaten kota di Jawa Barat bisa menuntaskan target vaksinasi melewati tahun 2022, bahkan melewati tahun 2023,” jelasnya.

Ridwan Kamil menambahkan, guna mendukung peningkatan kapasitas vaksinasi, sekitar 1.100 puskesmas di Jabar akan dimaksimalkan. Termasuk mengoptimalkan sekolah hingga mobil vaksin sebagai pusat-pusat vaksinasi.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Ketepeng Cina Dan Cara Mengolahnya

“Sehingga, seharusnya bulan Agustus sudah ada akselerasi kenaikan persentase vaksin,” harap Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, dia menyatakan, vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sudah dilaksanakan di Jabar menggunakan vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

“Ada di beberapa rumah sakit, salah satunya di Rumah Sakit Mata Cicendo, sudah melakukan vaksinasi dosis tiga menggunakan vaksin dari moderna,” ungkapnya. (Red)