Dalam Dua Hari, Tiga Ular Sanca Kembang Ukuran Besar Berhasil Dievakuasi DPKPB Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta berhasil evakuasi tiga ekor hewan reptil ular jenis Malayopyton Reticulatus atau sanca kembang.

Reptil ular itu ditemukan di Kampung Cimuntuk Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta dalam kurun waktu selama dua hari sebanyak tiga ekor.

Petugas Resque pemadam kebakaran Purwakarta Mochamad Asar Rizal mengatakan, dua ekor ular yang kembali ditemukan berhasil di evakuasi pada Kamis (29/7) kemarin sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:  6.000 Jemaah Ikuti Doa Untuk NKRI Di Masjid Raya Bandung

“Jadi hari kedua kita menuju lokasi, melihat tanda-tanda yang kemarin allhamdulilah kita menemukan jejak dari kotoran ular tersebut dan langsung menemukan ular sanca kembang kembali,” ucap pria yang akrab disapa Abah Rizal itu saat ditemui di Kantor DPKPB Kabupaten Purwakarta, Jumat, (30/7/2021).

Dijelaskannya, dari penemuan ular jenis sanca kembang ini berat atau ukurannya sama seperti penemuan ular yang awal, yaitu sepanjang tiga meter setengah dengan ukuran sebesar betis orang dewasa.

“Awalnya satu ekor dulu yang kami temukan dengan ukurannya sama persis kaya yang ditemukan pertama,” ujarnya.

Baca Juga:  Sosialisasikan Perda Pesantren, Uu Ruzhanul Ulum: Semua Harus Punya Legalitas

Abah Rizal menambahkan, awalnya memang menduga bahwa keberadaan dari hewan reptil tersebut berjumlah lebih dari satu ekor, setelah di telusuri ternyata memang benar bahwa ular sanca kembang tersebut lebih dari satu ekor.

Sementara untuk saat ini, sambung dia, total petugas sudah mengevakuasi tiga ekor hewan reptil ular tersebut dengan ukuran yang sama.

“Setelah mendapati satu ekor kita melanjutkan pencarian karena di duga sejak awal itu lebih dari satu ekor,” ungkap Abah Rizal.

Baca Juga:  BPBD Kabupaten Garut: Hati-Hati Longsor di Jalur Cijapati!

Sementara itu, dalam pencarian tersebut petugas juga menemukan telur ular yang total sebanyak 61 butir telur yang saat ini sudah diamankan oleh petugas pemadam kebakaran Kabupaten Purwakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu, (26/7/2021) lalu petugas mendapati laporan dari masyarakat dengan ditemukannya ular disaat salah seorang warga disaat itu sedang mengambil air di sumur siuk yang tidak jauh dari tempat penemuan ular.(Gin)