Tiga Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Tanaman Daun Encok (Plumbago zeylanica L) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan ini berasal dari Sri Lanka, kemudian menyebar ke seluruh kawasan tropik, termasuk Indonesia dan kepulauan Pasifik. Daun encok memiliki banyak manfaat dari bagian akarnya. 

Oleh sebab itu berikan manfaat daun encok bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Refleksi Hari Pers Nasional Bersama Jabarnews.com

Pertama. Rematik – Siapkan segenggam daun segar, dicuci lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan seperti bubur. Gunakan untuk melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Siapkan daun segar sebanyak 15 g lalu dicuci bersih. Tambahkan Kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Campuran ini lalu ditumbuk sampai lumat, kemudian disalurkan ke tempat yang sakit.

Baca Juga:  MUI Kutuk Penyerangan RS Indonesia di Gaza: Israel Buta, Tuli, Tidak Berakal dan Bernurani

Kedua. Kanker darah – Siapkan akar daun encok, biji Livistona chinensis, Hedyotis diffusa (rumput lidah ular) dan Verbena officinalis (verbenae bersama bianca), masing masing 30 g, dan Spica prunellae (xia ku cao dari tumbuhan Prunella vulgaris L.) 15 g. 

Akar daun encok direbus terlebih dahulu selama 4 jam dengan air bersih secukupnya. Tambahkan air bila air rebusannya berkurang.

Baca Juga:  Sempat Tegang, Penentuan Nomor Urut Pilkada Karawang Ada Momen Tawanya

Ketiga. Sakit kepala – Siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa sampai menjadi adonan seperti bubur. Letakkan di pelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal. 

Cukup 30 menit supaya tidak terjadi lepuh. Siapkan daun encok segar, lalu cuci bersih dan memarkan. Oleskan minyak kelapa lalu layukan di atas api. Tempelkan di belakang telinga. (Red)