Waspada Jika Kerongkongan Sering Terasa Kering, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Kerongkongan kering dan gatal tidak hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah pada tubuh. 

Biasanya, tenggorokan kering adalah tanda sesuatu yang minor, seperti kekeringan di udara atau udara dingin. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi tanda kurang minum yang bisa berujung pada dehidrasi.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab kerongkongan kering yakni:

Baca Juga:  Bosan Di Bumi? Yuk Kita Pindah Ke Planet Ini

Pertama. Dehidrasi – Dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh terjadi karena tubuh kurang asupan air putih. Selain memicu tubuh lemas yang merupakan gejala utama dehidrasi, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan kerongkongan terasa kering dan gatal. 

Jika tenggorokan kering terjadi karena alasan ini, cara mengatasinya adalah dengan mencukupi asupan air putih. Orang dewasa disarankan minum air putih setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas dalam satu hari.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Dapat Penghargaan Khusus Diaspora dari BritCham Indonesia.

Kedua. Gangguan Tidur – Jika kerongkongan kering muncul pada pagi hari, bisa jadi itu adalah tanda kamu mengalami gangguan tidur. Umumnya, kerongkongan kering muncul karena kebiasaan tidur dengan mulut terbuka. 

Pada kondisi tersebut, cairan di mulut atau ludah  menjadi kering,  sehingga menyebabkan gejala gatal dan kering pada kerongkongan. Mendengkur juga menjadi salah satu gangguan tidur yang bisa memicu kondisi ini. 

Baca Juga:  Tanggapi Konflik Rusia dan Ukraina, AHY: Tragedi Kemanusiaan yang Harus Segera Dihentikan

Ketiga. Pilek – Kerongkongan kering juga bisa terjadi akibat infeksi virus penyebab penyakit pilek. Nyatanya, kerongkongan kering dan gatal sering menjadi gejala umum dari penyakit ini. 

Selain itu, pilek juga ditandai dengan gejala berupa demam sedang hingga tinggi, tubuh menggigil, hidung meler alias keluar ingus, hingga batuk dan bersin-bersin. (Red)