JMN Channel


Mohon Bersabar, Pemerintah Masih Tunggu Regulasi Umrah dari Arab Saudi

Ilustrasi Ibadah Umrah. (Foto: Net).

JABARNEWS | BANDUNG - Beberapa waktu lalu otoritas Arab Saudi mengumumkan akan membuka umrah untuk jamaah internasional. Meski begitu, Pemerintah Indonesia masih menunggu regulasi resmi soal penyelenggaraan ibadah umrah 1443 Hijriah.

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan daring dengan Kemenlu, Kemenhub, Kemenkes, Kemenpar, Polri, KJRI Jeddah, serta lembaga negara yang terkait lainnya untuk mendiskusikan penyelenggaraan umrah di masa pandemi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Baca Juga:

Wali Kota Bandung: Pertengahan 2022, Sertifikat Tanah Rumah Ibadat Bisa Selesai 100 persen

Soal Jaminan Produk Halal di Kota Bandung, Yana Mulyana: Sangat Penting



Pertemuan ini menyepakati tentang pentingnya penyempurnaan SOP penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi. Penyempurnaan dilakukan pada sejumlah aspek, termasuk skema vaksinasi, karantina, PCR, pemberangkatan satu pintu, pengaturan keberangkatan.

"Pemerintah dan asosiasi PPIU bersepakat untuk lebih memprioritaskan penanganan Covid-19 di dalam negeri sambil menunggu regulasi teknis penyelenggaraan ibadah umrah secara resmi dari Arab Saudi," kata Khoirizi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/7/2021).

Pemerintah sendiri masih bersikap abu-abu apalah akan memberangkatkan umrah pada tahun ini atau tidak. Kondisi itu dilandaskan karena situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air yang masih tinggi.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Umrah Ibadah Umrah Arab Saudi Kemenag

berita terkait

Oded M Danial Tegaskan Pancasila Kunci Kerukunan Umat Beragama

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi