Ragam Manfaat Meniran Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Cegah Virus

JABARNEWS | BANDUNG – Meniran, tanaman liar yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Ini manfaat meniran sebagai obat herbal penumpas penyakit. Meniran dikenal sebagai tanaman liar.

Meniran dapat diolah menjadi suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup. Dosis rata-rata untuk mengkonsumsi ekstrak daun meniran yaitu satu kapsul 500 miligram per hari. Hal itu terjadi karena beragam manfaat dari tumbuhan satu ini.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat daun meniran yakni:

Baca Juga:  Umar Zunaidi Hasibuan Dukung Wartawan Tebing Tinggi Ikut UKW, Ini Alasannya

Pertama. Mengatasi Batu Ginjal – Manfaat meniran untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi batu ginjal. Batu ginjal terjadi karena adanya materi keras menyerupai batu (berasal dari mineral dan garam) di dalam ginjal.

Batu ginjal ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, hingga jumlah urin yang keluar sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Baca Juga:  Lagi, Dua Anggota DPRD Jabar Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK

Kedua. Meningkatkan daya tahan tubuh – Pada masa pandemi penyakit menular seperti sekarang, setiap orang wajib meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Meniran memiliki aktivitas imunomodulator yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut tentunya bisa kalian manfaatkan agar tubuh kita tetap sehat.

Ketiga. Mencegah Virus – Manfaat daun meniran untuk kesehatan berikutnya yaitu mencegah virus. Dalam sebuah studi di tahun 2013 yang meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel, disebutkan bahwa daun meniran dapat memerangi infeksi tersebut.

Baca Juga:  Kapal Tongkang Kandas di Pantai Bojongsalawe Pangandaran

Studi lain pun menunjukkan bahwa meniran dapat membantu mengobati infeksi lain seperti hepatitis B dan HIV. Daun meniran juga dapat menjaga daya tahan tubuh serta mencegah datangnya infeksi. (Red)