Perairan Selatan Cianjur Dilanda Gelombang Tinggi, Dua Warung Rusak Berat

JABARNEWS | CIANJUR – Perairan di selatan Kabupaten Cianjur dilanda gelombang tinggi sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, dua bangunan warung di pinggir Pantai Apra, Kecamatan Sindangbarang, rusak berat dihantam gelombang tinggi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengatakan, pihaknya sebelumnya telah mengimbau nelayan tidak melaut karena gelombang mencapai 7 meter lebih sejak beberapa hari terakhir, sehingga mengancam keselamatan nelayan dan pemilik warung pinggir pantai.

Baca Juga:  70 Pegawai di Disnakertrans Garut Divaksin, Helmi Budiman: Masyarakat Bersabar Dulu

“Ketinggian gelombang mencapai 7 meter, sehingga dapat mengancam keselamatan nelayan serta pemilik warung pinggir pantai. Hari ini, dua warung pinggir pantai rusak berat dihantam gelombang,” katanya, Senin (2/8/2021).

Gelombang tinggi yang menghantam hingga ke daratan, mengakibatkan abrasi sepanjang 500 meter dengan kedalaman 5 meter, sehingga mengancam puluhan warung yang berdiri di pinggir pantai selatan tepatnya di Pantai Apra.

Baca Juga:  Habib Bahar bin Smith Dituntut 6 Tahun Bui

Tidak hanya warung pinggir pantai, gelombang tinggi juga mengancam pemukiman warga yang hanya berjarak 12 meter dari titik abrasi, dimana terdapat 40 rumah dengan jumlah jiwa sebanyak 150 orang.

“Kami sudah menyiagakan petugas BPBD dan relawan setiap malam, untuk memantau dan segera mengevakuasi warga jika gelombang kembali tinggi, serta abrasi terus meluas,” katanya.

Sementara pemilik warung Imas (36) mengatakan, gelombang tinggi disertai abrasi yang menyebabkan warungnya rusak, merupakan yang terparah sejak lima tahun terakhir, meski setiap tahun gelombang tinggi kerap terjadi.

Baca Juga:  Jawa Barat Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional 2017

“Biasanya hanya sampai di bibir pantai, namun tahun ini, gelombang menghempas hingga ke daratan, merusak rumah dan mengancam perkampungan warga karena abrasi yang meluas. Untuk antisipasi semua warga diimbau waspada,” katanya. (Red)