Lima Aplikasi Populer Saat Pandemi, Diantaranya Layanan Video Streaming

JABARNEWS | BANDUNG – Saat pandemi Covid-19 ini ada beberapa kalangan yang sedang kesulitan dan ada yang menjadi salah satu peluang rezeki. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan baru. Salah satunya Aplikasi.

Ada beragam jenis Aplikasi yang bisa digunakan. Terlebih Aplikasi tersebut mengalami peningkatan penggunaan ketika pandemi Covid-19 ini. Tentunya hal tentunya sangat membantu orang.

Oleh sebab itu berikut beberapa aplikasi yang populer Selama Pandemi covid-19 yakni:

Pertama. Aplikasi Belanja – Kehadiran aplikasi untuk belanja seperti aplikasi jual beli atau e-commerce semakin meningkat penggunaannya saat Covid-19. Sebelum Covid-19, aktivitas belanja secara online memang meningkat. Namun, saat pandemi, aktivitas ini semakin meningkatnya seiring banyaknya retail atau para pemilik toko beralih ke layanan jual beli secara online.

Baca Juga:  Nadiem: Aturan Penyaluran Dana BOS Diperketat

Hal ini juga imbas dari aktivitas penjualan langsung yang dibatasi. Tidak sedikit, para penjual atau pemilik toko yang tadinya tidak melek digital, mulai perlahan memilih digital alias fokus berjualan online.

Kedua. Layanan Video Streaming – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang diam di rumah. Tentu berdiam diri di rumah saja akan membosankan. Karena itu, banyak orang “membunuh” rasa bosan tersebut dengan menikmati konten hiburan dari berbagai layanan streaming video. Contoh yang paling meningkat penggunaannya adalah aplikasi video pendek seperti TikTok.

Baca Juga:  DPD RI Dorong Pemda Dukung Kebijakan Kemenparekraf

Penggunaan Youtube juga jelas semakin meningkat tajam. Namun, yang paling banyak meningkat penggunaan dan berpengaruh pada penghasilan adalah layanan video streaming berbayar seperti halnya Netflix dan Disney Plus.

Ketiga. Conference App – Conference App atau aplikasi video konferensi adalah jenis aplikasi yang meningkat tajam selama Covid-19. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini sangat dibutuhkan di berbagai sektor. Di sektor kantoran maupun pendidikan, aplikasi jenis ini sangat dibutuhkan.

Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggantikan berbagai pertemuan. Rapat di kantor, pembelajaran tatap muka, seminar atau diskusi, dan berbagai hal lainnya dilakukan lewat aplikasi video konferensi.

Baca Juga:  Ini Instansi yang Sudah Umumkan Jadwal SKB CPNS

Kelima. Aplikasi Pendukung Belajar – Aplikasi lainnya yang cukup meningkat penggunaannya adalah aplikasi pendukung belajar. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar secara daring (online). Contoh aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Google Classroom.

Selain Google Classroom, aplikasi pembelajaran daring lainnya banyak yang meningkat. Beberapa aplikasi tersebut malah hadirkan kelas atau kursus bidang tertentu. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan. (Red)