Diuntungkan, Inisial HK Intervensi Proses Hukum Aa Umbara di KPK?

JABARNEWS | JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan terhadap Bupati nonaktif Bandung Barat, Jawa Barat, Aa Umbara Sutisna (AUS).

Pemeriksaan KPK itu terkait kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) penanganan pandemi COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat.

Pemeriksaan tahap kedua tersebut didampingi langsung oleh pengacara Rizky Rizgantara di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2021).

Melansir Tribunnews.com, Rizky mengatakan, pendampingan yang dilakukan tersebut sebagai upaya mendalami terkait pasal yang disangkakan dan dituduhkan oleh penyidik KPK terhadap Aa Umbara.

“Setelah itu menandatangani berita acara penahanan oleh jaksa. Dalam kurun waktu 20 hari sejak hari ini Bupati nonaktif Aa umbara akan dilimpahkan berkas perkaranya ke pengadilan,” ucapnya.

Baca Juga:  Ingin Daftar Sekolah Kedinasan, Simak Info Ini

Rizky menjelaskan, dalam kesempatan tersebut pun menanggapi adanya inisial HK yang berupaya mendorong proses hukum bagi Aa Umbara.

Sosok inisial HK pun muncul saat KPK memeriksa Aa Umbara dalam proses penyelidikan serta menyita sebuah surat dokumen terkait pengadaan bansos di Bandung Barat.

“Ada peristiwa HK mendorong proses hukum klien kami agar cepat diproses naik ke tahap penyidikan, ada penahanan dan lain sebagainya,” kata Rizky.

Akan tetapi, Rizky enggan menyebutkan sosok HK. Ia hanya menyebut HK disebut sebagai orang kuat di Bandung Barat yang menginginkan posisi Aa Umbara.

Baca Juga:  KPU Sukabumi: Pilkada Sekarang Tidak Ada dari Calon Independen

“Agar HK bisa menjadi plt (pelaksana tugas) atau bupati, definitif, nah bahkan HK sudah menyiapkan wakilnya,” jelas Rizky.

Aa Umbara pun berharap agar KPK segera menindaklanjuti adanya keterlibatan HK dalam percepatan proses hukum terhadap dirinya.

“HK ini mempunyai otoritas di wilayah kabupaten Bandung Barat, dan dia merasa diuntungkan kalau klien kami cepat ditahan, cepat diproses oleh KPK ketika itu,” kata Rizky.

Sementara itu, Rizky pun meminta dugaan tersebut itu dibahas dalam dakwaan untuk persidangan agar kliennya diadili dengan baik.

Baca Juga:  Wow! Sandiaga Uno Sebut MotoGP Mandalika Beri Efek Perputaran Ekonomi di Atas Rp500 Miliar

“Supaya lebih fair apa yang disampaikan pembuat surat itu terjadi atau tidak ya tentunya idealnya ada penyelidikan hal itu terjadi apa tidaknya, tapi, hari ini lebih kepada bagaimana menghadapi persidangan, dan pembuktian dalam persidangan,” katanya.

Dalam kasus ini, KPK menjerat tiga orang sebagai tersangka, yakni Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna (AUS); Andri Wibawa (AW), anak Aa Umbara; dan Pemilik PT Jagat Dir Gantara (JGD) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL), M. Totoh Gunawan (MTG). (Red)