Menikmati Keindahan Alam Desa Wisata Cibuntu Kuningan

JABARNEWS | BANDUNG – Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat merupakan salah satu desa wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Desa Ini juga Digadang-gadang Sebagai Desa Terbaik Se-ASEAN saat 2007 lalu.

Disana kalian akan disuguhkan berbagai akan keindahan alam yang begitu mempesona ketika dipandang. Ditambah lagi desa cibuntu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas  pendukung seperti mushola, parkir area dan masih banyak lainnya.

Selain itu, desa Cibuntu yang diisi oleh sekitar 2.653 penduduk ini juga memiliki beragam situs purbakala hingga mata air alami. Namun, keunikan dari desa satu ini terdapat bekas tambang.

Baca Juga:  Hujan Mengguyur, Produksi Keramik Plered Purwakarta Menurun

Ditambah lagi, sembari menikmati suasana alam yang menyejukkan, pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa situs purbakala yang terdapat di Cibuntu. 

Diduga, situs tersebut merupakan peninggalan zaman megalitikum seperti situs Bujal Dayeuh, serta melihat peralatan sisa purbakala seperti batu dan giok.

Di Cibuntu, juga terdapat beberapa mata air alami yang bisa digunakan untuk menyegarkan diri, seperti Curug Gongseng, hingga mata air Sumber Kahuripan.

Untuk yang ingin bermalam di desa cibuntu ini kalian bisa menyewa penginapan dengan harga sekitar Rp 100.000 per malam.

Baca Juga:  Sebuah Rumah di Cipedes Tasikmalaya Terbakar, Ratusan TV Ludes

Ketika menuju Desa Wisata Cibuntu dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau bus carter.

Jika datang dari Kota Cirebon, waktu tempuhnya sekitar 40 menit. Jika dari Kota Kuningan, memakan waktu satu jam.

Jarak dari Kota Kuningan adalah sekitar 28 kilometer. Untuk kesana, patokan yang bisa kamu gunakan adalah dari KFC Kota Kuningan lalu melewati Bunderan Cijoho.

Setelah itu, ikuti saja jalan lurus hingga melewati SPBU Ciloa, Polsek Jalaksana, dan RSUD Linggajati Kuningan.

Kemudian, kamu akan melewati pasar Cilimus hingga menemui perempatan besar dekat SPBU. Kamu bisa ambil belokan ke arah kiri dan terus mengikuti jalan besar.

Baca Juga:  DPR Panggil Mendag, Minta Penjelasan Impor Beras 2 Juta Ton

Sampailah kamu di pertigaan besar, ambil arah ke kanan hingga melewati SMA Negeri 1 Mandirancan dan melihat pertigaan besar dekat Alfamart dan Indomaret.

Setelah pertigaan itu, ambil arah kiri sebelum belok ke kiri lagi di Tugu Macan. Kemudian, kamu tinggal mengikuti jalan lurus hingga sampai tujuan.

Sungguh menarik bukan desa Cibuntu Kuningan ini. Dengan begitu Desa wisata satu ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata kalian ketika berada di jawa barat. (Red)