Tahun Lalu 560 Hotel di Jabar Tutup, Saat Ini Bisa Lebih Banyak

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat menyebutkan bahwa 560 hotel dan 280 restoran di Jabar tutup akibat pandemi COVID-19.

Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar dalam jumpa pers daring, Kamis (5/8/2021) mengatakan, ratusan hotel dan restoran yang tutup itu merupakan data pada Juni 2020. Saat ini, kata dia, jumlahnya bisa lebih banyak.

“Kemungkinan keadaannya lebih besar bulan Juni 2021, karena saat ini keadaan hotel di Jalan Cihampelas saja sudah ada enam yang tutup dengan okupansi hotel di bawah 5 persen,” kata Herman Muchtar.

Baca Juga:  Lewat Pukulan "Ajaib", Marcus/Kevin Sabet Juara All England 

Jumlah hotel dan restoran yang tutup akibat pandemi COVID-19 saat ini, kata Herman Muchtar, bisa lebih besar karena data tersebut merupakan data tahun lalu.

“Kami yakin data sekarang ini belum lengkap dan kemungkinan lebih besar dibandingkan dari Juni tahun lalu,” kata dia.

Sebagai contohnya, kata dia, di Kawasan Cihampelas Kota Bandung saat ini ada enam hotel yang terpaksa harus tutup karena terdampak pandemi COVID-19.

“Itu di Cihampelas tutup karena okupansinya di bawah lima persen, bahkan cuma satu persen. Ini kan menyedihkan sekali. Hotel bintang 3 dan 4 pun ada yang tutup,” kata dia.

Baca Juga:  Nah Loh, Ada Saber Hoax !

Sementara itu menyikapi kejadian percobaan bunuh diri anggota Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) di Balai Kota Bandung, Herman mengungkapkan ia tidak tahu rencana yang dilakukan oleh Gan Bondillie atau Bonbon tersebut.

“Jika seandainya pengurus PHRI dan AKAR tahu rencana Bonbon, pasti sudah kami larang. Enggak ada yang tahu, tahunya malah setelah kejadian,” ujar Herman

Pihaknya menyesalkan dengan adanya kejadian ini karena banyak orang yang mengalami hal sama, namun ia menegaskan bahwa Tuhan tidak memberi kesulitan sesuai kemampuan.

Baca Juga:  Unik, Pemuda di Tasikmalaya Gunakan APD Saat Bangunkan Sahur

“Jadi pada bulan Mei, kami semua dalam rapat menyatakan bahwa pengusaha bisa bertahan hingga Juli 2021 dengan dana secukupnya,” ujar Herman.

Menurut dia, hal ini pun berdampak pada karyawan yang dirumahkan dan pengusaha kebingungan mau membayar pakai apa. Ia mengungkapkan kondisi karyawan hotelnya yang mulanya ada 80 kini tersisa 26 dan mereka jam kerjanya harus dibagi-bagi.

“Untuk tamu hotel pun paling banyak isinya tiga (orang). Menutupi keadaan minus enam bulan masih mending, kalau sekarang sudah 1,5 tahun,” ujarnya. (Red)