Budidaya Ikan Jadi Aspirasi Kelompok Ternak di Desa Sariwangi Bandung Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat dunia selama hampir satu setengah tahun, terus menekan perekonomian masyarakat. Budidaya ikan lele bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kestabilan finansial dan ketahanan pangan di masa pandemi.

Seperti halnya yang dilakukan kelompok ternak ikan Tunas Mekar di Kampung Mekarwangi, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten, Bandung Barat.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pedagang Pasar Naringgul Cianjur di Tes Swab

“Pada kesempatan ini saya memberikan peluang bagi kelompok ini barangkali nanti bisa mengajukan hibah kepada Gubernur sesuai dengan slot yang ada, yaitu untuk pengembangan ikan lele maupun ikan nila,” ujar Anggota DPRD Jawa Barat, Hj. Elin Suharliah saat jaring aspirasi dalam rangka Reses III Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (5/8/2021).

Elin menambahkan, saat ini masyarakat yang tergabung dalam kelompok ternak ikan Tunas Mekar cukup antusias dalam kegiatan budidaya. Namun begitu mereka masih kesulitan dalam pengembangan kolam bibit.

Baca Juga:  Hari Ini, Istri Muda dan Suami Korban Pembunuhan di Subang Dijemput Polisi

Selain itu para pembudidaya ini juga kesulitan dalam mendapatkan bibit ikan serta harga pakan yang saat ini dirasakan cukup mahal.

“Untuk pengembangan ikan, bisa mengajukan hibah secara online, mudah – mudahan saya selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Barat bisa mengawal agar bantuan ini bisa terealisasi menjadi APBD,” tambah Elin.

Baca Juga:  PTM di Kota Bandung, Dishub Diminta Ikut Siapkan Sisi Transformasi

Budidaya ikan lele dinilai cukup menjanjikan di masa pandemi ini mengingat komoditi lele termasuk ikan dengan pemeliharaan yang cukup sederhana.

Selain itu, Ikan lele yang mengandung protein cukup tinggi ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta jarang terserang penyakit. (Red)