Gempa Bumi M 2,4 di Meulaboh, Guncangannya Seperti Truk Melintas

JABARNEWS | ACEH BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo (M) 2,4 mengguncang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa bumi tektonik tersebut terjadi, Kamis (12/8/2021) pukul 20.07 WIB.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS 19 September Sampai 4 Oktober 2018

“Episenter terletak pada koordinat 4,30 LU dan 96,05 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km Meulaboh Aceh Barat  pada kedalaman 5 km,” terangnya.

Dijelaskannya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar lokal yang berada di daerah tersebut. 

Baca Juga:  Setelah Sekap Pasutri Manula Di Cibaduyut Bandung, Maling Nekat Ini Gondol Barang Berharga

“Guncangan gempa tersebut dirasakan sekitar Panga, Aceh Jaya, seperti truk melintas,” ungkap Bambang.

Menurut dia, hingga pukul 21:50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada  kejadian gempa bumi susulan (aftershock). 

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari ini Aries, Lebih Terbuka Dalam Perasaan Mu, Mungkin Kamu Berjumpa Ayang

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” bilangnya. (Ptr)