Menkominfo Sebut Pers Berperan Penting Dalam Kemerdekaan Indonesia

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa pers memiliki peran besar dalam kemerdekaan.

Menurutnya, sejarah telah mencatat bahwa pers memeiliki peran besar dalam pergerakan kemerdekan Indonesia begitu juga saat bangsa ini mengisi kemerdekaan.

Baca Juga:  Mahasiswa Atma Jaya Kembangkan Robot Pendeteksi Gempa

“Karenanya, kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran penting pers,” kata Plate dalam diskusi daring bertajuk Refleksi Kemerdekaan Bangsa dan Kemerdekaan Pers pada Minggu malam (15/8/2021).

Dia menjelaskan, kemerdekaan bangsa Indonesia yang diproklamasikan 76 tahun lalu tentu tidak terlepas dari peran penting daripada pergerakan insan pers.

Baca Juga:  Viral Video Pemuda di Purwakarta Jadi Korban Begal, Netizen Pertanyakan Kerja Aparat

Pasca reformasi, lanjut dia, pers diakui sebagai salah satu pilar demokrasi.

“Setelah pengesahan UU Nomor 40/1999 tentang Pers, Indonesia mengakui peran pers sangat penting untuk kehidupan masyarakat yang demokratis, pers sebagai salah satu pilar demokrasi,” jelasnya.

Baca Juga:  Geger Penemuan Mayat Tanpa Busana di Padaherang Pangandaran

Sekadar informasi, turut hadir narasumber lain dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Pers dan Kominfo tersebut yakni Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh. (Red)