Banjir Terjang Batubara, Ribuan Rumah di Empat Kecamatan Terendam

JABARNEWS I BATUBARA –  Banjir terjadi di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, ada 2247 rumah warga terendam banjir di empat Kecamatan dengan ketinggian air kisaran antara 30 sampai 80 cm.

Kepala BPBD Kabupaten Batu Bara, Sya’ban mengatakan, banjir terjadi di Kabupaten Batu Bara disebabkan curah hujan sedang – tinggi yang terjadi serta air kiriman dari wilayah hulu Kabupaten Asahan menyebabkan debit air naik dan meluap di beberapa sungai di Kabupaten Batu Bara.

Baca Juga:  Berharap Tertib dan Santun, Manajemen Kumpulkan Bobotoh

“Laporan kita terima ada 2249 rumah di 4 Kecamatan terdampak banjir,” katanya, Rabu (18/8/2021).

Kata dia, 4 Kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Sei Balai, Kecamatan Nibung Hangus, Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Talawi.

“Sampai saat ini kondisi air mulai surut, tapi hujan belum reda, kita takut banjir kembali meluas ” ucap Sya’ban.

Baca Juga:  PKB Jabar dan PCNU Siap Usung Kader Terbaik di Pilkada Purwakarta Mendatang

Dia menjelaskan, BPBD Kabuoaten Batu Bara memberikan bantuan karung goni plastik kepada pihak Desa untuk bergotong royong bersama masyarakat guna memperbaiki tanggul sungai yang jebol.

“Kita serahkan goni plastik untuk menutup tanggul sungai untuk mencegah air meluas,” terang dia.

Baca Juga:  Terkait Konflik di Desa Wadas Jateng, Ganjar Pranowo Dikritik Rocky Gerung

Kata Sya’ban, BPBD juga memberikan air bersih kepada warga yang terdampak banjir, sekaligus menghimbau warga untuk tetap siaga dengan perkembangan situasi dan waspada banjir susulan karena hujan terus turun serta hujan di wilayah hulu.

“Mengingat hujan masih terjadi hari ini, kita menghimbau masyarakat tetap waspada adanya banjir susulan,” bilangnya. (Ptr)