BMKG: 28 Wilayah Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia pada, Sabtu (21/8/2021).

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.Hal itu dikarenalan, terjadi sirkulasi siklonik yang terpantau di wilayah Kalimantan Barat besok.

Baca Juga:  Paguyuban Pasundan Pengikat Sinergitas Antar Daerah

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Jawa hingga Belitung.

Konvergensi lainnya juga memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Jambi hingga Riau bagian Timur, di Sumatera Selatan bagian Timur, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat bagian Timur.

Baca Juga:  BNPB SMS Warga Kabupaten Bandung, Waspadai Potensi Banjir 9/1/2021!

Selain itu daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang juga terpantau dari NTT hingga NTB, di Kalimantan Utara, di Kalimantan Selatan, di Selat Makassar, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat.

Baca Juga:  Paksi Jabar dan Komunitas Di Subang Galang Bantuan Lombok

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. (Red)