Begini Cara Membuat Pondasi Rumah Kuat Anti Gempa, Simak Tipsnya

JABARNEWS | BANDUNG – Pondasi anti gempa tak jauh beda fungsinya dengan pondasi rumah pada umumnya. Namun, manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan pondasi biasa.

Dua jenis pondasi tersebut sama-sama memegang kunci dan kekuatan utama seluruh bagian bangunan selama masa berdirinya. Disisi lain, pondasi rumah untuk menahan guncangan gempa harus diperhatikan baik-baik pembuatannya.

Oleh sebab itu berikut beberapa tips membuat pondasi rumah kuat dan tahan gempa yakni:

Baca Juga:  Camat Sipispis Beri Alasan Kenapa Sulap Pembuangan Sampah Jadi Taman Bunga

Pertama. Bangun Pondasi Di Tanah Keras – Agar bangunan tetap stabil dan kuat, maka pondasi harus dibuat di atas tanah yang keras dan kokoh. Alasannya, fungsi utama pondasi adalah untuk mengalirkan beban bangunan ke tanah di sekitarnya, sehingga bangunan tetap dapat bertahan dengan baik.

Bila tanah di sekitar lokasi bangunan dirasa kurang keras dan kurang stabil, maka tanah membutuhkan pengerjaan pendahuluan untuk memperkuat lapisan tanahnya.

Baca Juga:  Perbaikan Infrastruktur, Percepat Peningkatan Ekonomi

Kedua. Tanam Pondasi Cukup Dalam – Pada umumnya pondasi anti gempa menggunakan sistem pondasi batu kali menerus yang dapat menghubungkan pondasi dengan sloof.

Agar makin kuat, letakkan pondasi batu kali minimal pada kedalaman 45 cm dari permukaan tanah untuk bangunan rumah yang terdiri dari satu lantai.

Ketiga. Buatlah Balok Pengikat Pondasi – Jika pondasi batu telah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat sloof atau balok pengikat pondasi yang terbuat dari bahan beton. Fungsi utama sloof adalah untuk mengalirkan beban bangunan ke seluruh badan pondasi secara merata.

Baca Juga:  Pebisnis Lebih Tertarik Bandara Soetta Daripada Bandara Kertajati

Penggunaan sloof ini juga tidak hanya diaplikasikan pada pondasi menerus, namun juga digunakan pada pondasi setempat. Dalam pondasi batu kali, pastikan sloof tetap kokoh di atas pondasi dengan cara mengikat badan sloof dengan angker sepanjang setengah meter. (Red)