Yana Mulyana Yakin Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Bisa Capai 70 Persen

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana semakin optimis herd immunity atau kekebalan kelompok di Kota Bandung segera terbentuk. Hal itu karena seluruh elemen di Kota Bandung bergerak ke arah yang sama, termasuk kewilayahan yang turut menggelar vaksinasi massal bagi warganya.

“Saya punya keyakinan dengan banyaknya vaksinasi massal seperti ini dan dilakukan per wilayah, di September nanti kita bisa mencapai target 70 persen,” kata Yana usai meninjau vaksinasi dosis 2 bagi warga RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu, di Jalan Bunga Bakung Raya, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga:  Tiga Warna Tembok Ini Dipercaya Bikin Penghuni Rumah Merasa Betah

“Herd immunity bisa segera terbentuk di setiap wilayah dan secara teori pandemi Covid-19 bisa berakhir. Kita bisa beraktivitas seperti biasa dengan kebiasaan baru,” tambahnya.

Untuk itu, Yana mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk warga Kota Bandung. Karena menurutnya, vaksin bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri tapi juga untuk kepentingan masyarakat yang lebih banyak.

“Atas nama Pemerintah Kota Bandung, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada aparat kewilayahan dan juga bapak ibu yang sudah bersedia di vaksin. Bapak Ibu semua adalah pahlawan bagi Kota Bandung dalam menyelesaikan pandemi covid-19,” ucapnya.

Baca Juga:  Kabar Baik Dari Muhadjir Effendy, Pendonor Plasma Kovalesen Alami Peningkatan

Di luar itu, Yana meminta kepada seluruh warga yang sudah divaksin agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun. “Karena badan kita perlu waktu kurang lebih 1-2 bulan untuk membentuk antibodi setelah mendapatkan vaksin, jadi tetap harus disiplin prokes,” pintanya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu, Dadang menjelaskan, latar belakang penyelenggaraan vaksin di wilayahnya akibat tingginya kasus aktif covid-19 pada Mei-Juli lalu.

Terlebih mayoritas warganya bekerja di luar Kota Bandung. Atas dasar tersebut, ia dan jajaran di wilayah RW 07 bekerja sama dengan Puskesmas Margahayu, Kelurahan Cijawura dan Kecamatan Buahbatu untuk mengadakan vaksinasi massal bagi warga dilingkungan RW 07.

Baca Juga:  Untuk PSU, KPU Cirebon Pesan Enam Ribu Surat Suara

“Alhamdulillah rencana kami untuk mengadakan vaksin di wilayah dapat dukungan dari Camat dan Puskesmas. Targetnya 505 orang untuk dosisi pertama, tapi yang terealisasi hanya 417 orang,” jelasnya.

Dadang berharap lebih dari 80 persen warganya yang sudah mendapat vaksin tidak lagi takut untuk beraktivitas. “Mudah-mudahan Kota Bandung bisa segera menjadi zona hijau,” tandasnya. (Red)