Serpihan Benda Kuno Ditemukan di Alun-Alun Kasepuhan Cirebon, Usianya Ratusan Tahun

JABARNEWS | CIREBON – Tim Spiritual Laskar Macan Ali, menemukan ratusan serpihan keramik yang diperkirakan berusia ratusan tahun, di lokasi pembangunan revitalisasi Alun-Alun Kasepuhan Cirebon.

Prabu Diaz Panglima Laskar Macan Ali, ia menjelaskan, bahwa tim Spiritual Laskar Macan Ali, selama dua hari ini menemukan ratusan serpihan keramik yang diduga peninggalan Sunan Gunung Jati, yang berusia 500 tahun.

“Ratusan benda kuno, berupa serpihan keramik peninggalan Sunan Gunung Jati ini, ditemukan di Pembangunan Alun-Alun Kasepuhan, tepat di depan Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kasepuhan Cirebon,” ujar Prabu Diaz, Senin (23/08/2021)

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Kamis 21 Juli 2022

Ratusan benda kuno berupa serpihan keramik tersebut, dikumpulkan selama dua hari. Diduga di lokasi Pembangunan Revitalisasi Alun-Alun Kasepuhan Cirebon ini masih banyak benda peninggalan Sunan Gunung Jati yang belum ditemukan.

“Serpihan-serpihan keramik ini, kami temukan dan dikumpulkan selama dua hari. Kemungkinan dibawah tanah Alun-alun Kasepuhan Cirebon masih banyak benda kuno peninggalan Sunan Gunung Jati yang belum ditemukan,” katanya.

Baca Juga:  Cuaca Hari Ini, Bandung Diprediksi saat Sore Akan Hujan Petir

Penemuan ratusan serpihan benda kuno berupa keramik peninggalan Sunan Gunung Jati itu. lanjut Prabu Diaz, rencananya tim Spiritual Laskar Macan Ali akan melaporkan ke Balai Arkeolog Bandung dan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Budaya di Jakarta yang menangani pelestarian cagar budaya.

“Rencananya, kami akan laporkan temuan ini ke Balai Arkeolog Bandung dan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Budaya di Jakarta,” katanya.

Baca Juga:  Ono Surono Dorong Percepatan Penurunan Angka Stunting di Indramayu

Kini, serpihan-serpihan keramik yang diduga peninggalan Sunan Gunung Jati, tersimpan di Galeri Maha Dewa yang ada di Markas Besar (Mabes) Laskar Macan Ali.

“Sekarang serpihan keramik yang ditemukan oleh Tim Spiritual Laskar Macan Ali (LMA), tersimpan di Galeri Maha Dewa yang ada di Mabes Laskar Macan Ali,” katanya. (Arn)