Bunga Bangkai Hebohkan Warga Sukamulya Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Warga Kampung Sukamulya, RT 01 RW 6,Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, digegerkan dengan penemuan Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanium) yang terus tumbuh di halaman sebuah rumah.

Tumbuhnya bunga langka itu sempat menarik perhatian warga sekitar yang penasaran untuk melihatnya secara langsung bentuk dan jenis bunga tersebut.

Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi selalu menjadi perhatian warga karena bentuk dan ukurannya yang besar serta aromanya yang tak sedap.

Baca Juga:  Bank BJB Gandeng PT RNI Tingkatkan Jasa Layanan Perbankan

Selama ini diketahui bunga itu tumbuh dan dipelihara di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat dan kali pertama ditemukan di Indonesia adalah di hutan Sumatera.

Iwan Setiawan, penemu Bunga Bangkai mengaku kebingungan pasalnya hanya di halaman belakangan rumahnya yang ditumbuhi bunga bangkai sudah 2 kali, yaitu tahun 2016 dan tahun 2017.

Baca Juga:  Resital Seni Budaya, Uji Kompetisi Pelajar SMPN 4 Kota Cirebon

“Bunga Bangkai ini berukuran sekitar kurang lebih 60 cm. Tahun-tahun sebelumnya usai muncul umbinya, bunganya kemudian menghilang, paling bertahan 1 minggu setelah bunga mekar seperti ini,” ujarnya Rabu (08/11/2017).

Iwan juga merasa kebingungan dan aneh, karena bunga bangkai ini hanya tumbuh di perkarangan halaman rumahnya. Sementara di tempat tetangga atau tempat lainnya di Purwakarta tak satupun yang ditumbuhi bunga bangkai.

Baca Juga:  Gandeng Ulama Polisi di Purwakarta Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Keunikan bunga ini adalah saat bunganya mengembang langsung mengeluarkan bau busuk disertai banyak lalat di sekitar mahkota bunga. Pada saat mekar diameter bunga bisa mencapai 65 cm, dengan ketinggian mencapai 60 cm,” ucap Iwan. (Rhu)

Jabar News | Berita Jawa Barat