Ade Yasin: Puncak, Kalau Dibranding dengan Baik Bisa Jadi Wisata Dunia

JABARNEWS | BOGOR – Bupati Bogor Ade Yasin menyebut Kawasan Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kalau dibranding dengan baik bisa menjadi wisata kelas duni.

“Puncak, kalau dibranding dengan baik bisa jadi wisata dunia. Bahkan bisa dibandingkan dengan Genting Island di Malaysia,” ungkap Ade Yasin dalam pertemuan dengan Badan Kerja Sama Antara Parlemen (BKSAP) DPR RI di Ruang Serba Guna I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Jumat (9/4/2021).

Ia mengeluhkan mengenai kemacetan yang kerap terjadi di Jalur Puncak, sehingga membuat status kawasan di selatan Kabupaten Bogor sebagai salah satu destinasi wisata nasional justru dicabut.

Baca Juga:  Counter In Health Di RSAI Asri Resmi Dibuka

“Kami berharap, teman-teman di DPR RI bisa ikut menyuarakan agar Puncak bisa dijadikan national branding supaya bisa mendunia di kemudian hari,” terang politisi PPP itu.

Ade Yasin mengatakan, pembenahan yang sudah dilakukan oleh Pemkab Bogor dan pemerintah pusat beberapa waktu lalu, belum mampu mengentaskan masalah macet di Puncak.

Sehingga, kini Pemkab Bogor bersama Polres Bogor memberlakukan ganjil-genap di Jalan Raya Puncak, untuk menekan kemacetan di kawasan tersebut, meski menimbulkan pro dan kontra.

Baca Juga:  Percepat Herd Immunity, Bank Bjb Ikut Fasilitasi Vaksinasi Covid-19

“Saya rasa perlu kebijakan khusus. Jadi pada satu sisi fungsi konservasi bisa berjalan karena kita ada hulu dan pariwisata juga bisa berjalan dengan baik,” kata Ade Yasin.

Sementara, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyebutkan Kawasan Puncak memiliki potensi perekonomian tinggi karena menjadi tempat wisata yang dikenal oleh masyarakat internasional, terlebih negara-negara timur tengah.

Baca Juga:  117 Ribu Personel Gabungan Amankan Mudik

“Tidak hanya dari masyarakat umum di Timur Tengah, tapi juga dari kalangan elitnya. Saya berkali-kali dari parlemen negara timur tengah itu melihat Puncak lebih terkenal dari Bali,” kata Fadli Zon.

Maka, legislator asal Kabupaten Bogor itu sepakat bahwa penataan Kawasan Puncak perlu uluran tangan dari pemerintah pusat.

“Mungkin perlu ada perhatian dari pemerintah pusat, intervensi kebijakan yang tepat terhadap Puncak, karena ini potensinya sangat besar sekali,” ujarnya. (Red)