BMKG: Hujan Lebat Potensi Terjadi di Wilayah Indonesia

JABARNEWS | JAKARTA – adan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terdapat potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia, Sabtu (4/9/2021).

Dilansir Antara dari laman www.bmkg.go.id, situasi tersebut diprakirakan melanda wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan wilayah Papua Barat.

Baca Juga:  Sebanyak 31 Persen Rumah Sakit Lapangan Bogor Dipenuhi Pasien Covid-19

Potensi hujan yang disertai dengan kilat dan angin kencang juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan juga wilayah Sulawesi Utara.

BMKG mengimbau masyarakat di sekitar wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tetap waspada karena diperkirakan terdapat potensi angin kencang.

Baca Juga:  Jogging di Pedesaan Sambil Memandang Sawah

Sementara itu situasi cuaca cerah dan berawan diprakirakan terjadi di berbagai kota besar di Indonesia di antaranya Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang dan Jayapura.

Namun cuaca hujan berskala ringan dan sedang juga diprakirakan mengguyur beberapa kota seperti Medan, Palembang, Padang, Manado, Kendari, Makassar, Mamuju, Pekan Baru, Manokwari, Ambon, Palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, Jambi dan Bengkulu.

Baca Juga:  Ada Kambing, Flight Validation Pun Batal Dilakukan

Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 22 hingga 35 derajat celsius dengan tingkat kelembapan berkisar antara 45 hingga 100 persen. (Red)