Pemerintah Purwakarta Segera Luncurkan Pojok Aparatur, Ini Manfaatnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam waktu dekat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta akan menerapkan pelayanan kepegawaian terpadu yang berbasis online sistem, yang dinamai ‘Pojok Aparatur’.

Menurut Kepala BKPSDM Purwakarta Asep Supriatna, Pojok Aparatur ini penting diterapkan dan merupakan tuntutan saat ini bagi pelayanan administrasi kepegawaian para ASN di Purwakarta. 

Pasalnya, tambah Asep, pelayanan kepegawaian ASN selama ini dilakukan dengan cara-cara yang manual. Sebaliknya, Pojok Aparatur merupakan layanan berbasis online sistem menggunakan teknologi informasi.

Baca Juga:  Pemakaian Internet Naik 57 Persen Saat Lebaran, Ini Penjelasannya

“Jadi layanan Pojok Aparatur online ini, nanti para pengelola Kepegawaian pada Perangkat Daerah Se Kabupaten Purwakarta, cukup masuk dan login ke aplikasi yang bisa dilakukan di tempat kerjanya masing-masing. Jadi tidak mengganggu kerja mereka (aparatur) dalam pelayanan kepada masyarakat.”, jelas Asep, Pada Rabu (8/9/2021).

Ia menjelaskan Pojok Aparatur akan melayani 62 urusan pelayanan kepegawaian ASN Purwakarta yang selama ini dilakukan dengan cara manual menyerahkan berkas dokumen kepegawaiannya.

Asep merinci, diantaranya urusan yang dilayani adalah pengajuan cuti diluar tanggungan negara, pengajuan berkas kenaikan pangkat, pengajuan masa pensiun, pengusulan kartu pegawai, dan sejenisnya.

Baca Juga:  Resmi! Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Bisa Dimulai, Ini Panduannya

“Dengan Pojok Aparatur yang berbasis online, akan mengurangi tingkat kedatangan pegawai di meja pelayanan BKPSDM,” tutur Pria yang juga menjabat Ketua KNPI Kabupaten Purwakarta itu.

Selain itu, Pojok Aparatur ini menurut Asep, akan menghindari proses tatap muka antara ASN yang dilayani dengan pegawai BKPSDM yang menjadi petugas pelayanan.

“Ya tentu resiko-resiko adanya praktek diluar tugas pelayanan dan sejenisnya akan hilang dengan sendirinya. Karena sifatnya online, tidak ada tatap muka antara ASN yang dilayani dengan petugas kita (BKPSDM.red). Termasuk, menghindari kerumunan sebagai bagian ikhtiar kita mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang terjadi,” ujarnya.

Baca Juga:  Wujudkan Zero Halinar, Lapas Purwakarta Gencar Lakukan Penggeledahan

Tak hanya itu, kata Asep, urusan pelayanan kepegawaian ASN yang bersifat online dapat mengurangi beban uang negara untuk pengadaan alat tulis kantor, sarana prasarana dan ruang penyimpanan ribuan berkas kepegawaian ASN se-purwakarta. (Gin)