Cegah Kebakaran, Lapas Purwakarta dan PLN Cek Instalasi Listrik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Lapas Kelas II B Purwakarta, Jawa Barat menggandeng PLN untuk melakukan pemeriksaan kelaikan jaringan listrik menghindari peristiwa kebakaran seperti di Tangerang.

Kepala Lapas Kelas II B Purwakarta Sopian mengatakan, pihaknya bersama tim dari PLN Purwakarta mengukur penggunaan kabel dan daya listrik, karena ukuran kabel harus sesuai dengan daya listrik.

“Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Kepala Kantor Kemenkumham Jabar, melaksanakan pemeriksaan dan penertiban jaringan arus listrik di seluruh blok hunian, dan area Lapas Kelas II B Purwakarta,” ucap Sopiana, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga:  Satu Orang Pejabat Pemkab Ciamis Diamankan Polisi

Menurut dia, jika kabel tersebut sudah tidak memenuhi syarat akan menjadi target penggantian.

“Jika masih memenuhi syarat, dicoba untuk diruntut saja apakah ada titik yang berpotensi bermasalah. Sebagai upaya antisipasi, kami akan memotong kabel-kabel yang melebihi kapasitas supaya tidak terjadi arus pendek,” jelas Sopiana.

Adapun area yang dipetakan untuk perbaikan jaringan listriknya, Ia merinci, seperti lampu tembok keliling, ruang pendaftaran, P2U, area perkantoran, area steril, seluruh Blok Hunian warga binaan, dapur, Klinik, Area Kegiatan Kerja dan Musholla.

Baca Juga:  Pasca MK Tolak Gugatan Nia Agustina dan Usman Sayogi, Ini Rencana KPU Bandung

“Kegiatan tersebut merupakan bukti nyata Lapas Kelas II B Purwakarta dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Sopiana, pihaknya melakukan peningkatan pengawasan dilakukan dengan menambah frekuensi pengontrolan di blok dan kamar hunian warga binaan.

“Deteksi dini juga dilakukan melalui penggeledahan rutin dan insidensil,” imbuhnya.

Baca Juga:  Wisatawan Asing Suka Makanan Mentah

Peningkatan pengawasan, lanjut Sopiana, dilakukan melalui peningkatan frekuensi kontrol ruang perkantoran dan mencegah masuknya atau memusnahkan barang yang dikhawatirkan menimbulkan gangguan keamanan di dalam lapas.

“Penggeledahan blok hunian telah dilakukan secara rutin. Setiap hari, petugas Lapas Purwakarta bergiliran melakukan penggeledahan guna deteksi dini gangguang keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II B Purwakarta. Selain itu kami juga menyediakan Apar dan fire block yang diletakkan di seluruh area lapas,” tutur Sopiana. (Gin)