Mengenal Desa Ciwaru Sukabumi Yang Kaya Akan Potensi Wisata Alam

JABARNEWS | SUKABUMI – Desa Ciwaru merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik untuk kita ulas.

Berlokasi di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Desa Ciwaru merupakan salah satu desa yang berada di kawasan Cagar Alam Nasional Geologi Ciletuh atau biasa dikenal dengan nama Geopark Ciletuh.

Selain Geopark Ciletuh, di Desa Ciwaru juga terdapat beberapa tempat wisata air terjun yang tentunya sayang untuk kita lewatkan.

Baca Juga:  Inilah Tips Atasi Masalah Kulit Yang Terjadi Saat Bulan Puasa

Rangkaian perbukitan curam di utara hingga barat Desa Ciwaru menciptakan keindahan berupa air terjun atau Curug yang memukau. Dari sembilan curug yang ada di kawasan Geopark Ciletuh empat diantaranya ada  di Desa Ciwaru ini.

Seperti Curug Cimarinjung, Curug Cikanteh, Curug Ngelay dan Curug Sodong. Curug-curug tersebut memiliki ketinggian bervariasi dari 30 hingga 60 meter dan tentu saja memiliki keunikan serta keindahan masing-masing.

Baca Juga:  Rumah Adat Panjalin Berumur Ratusan Tahun Wajib Dijaga

Bukan hanya itu saja, desa Ciwaru Sukabumi ini juga memiliki beberapa pantai yang tak kalah menarik dengan keindahan dari air terjun.

Salah satu pantai yang terkenal dari desa Ciwaru ini yakni Pantai Palangpang. Pantai Palangpang merupakan salah satu potensi objek wisata yang memiliki beberapa sarana penunjang dan dapat dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Baca Juga:  Siaga!...Obor Rakyat Padam, Indonesia Barokah Menyala

Sekedar informasi tambahan, Desa ciwaru merupakan desa pertanian dan desa nelayan. Secara umum desa tersebut tergolong desa yang maju, terutama kemajuan dibidang ekonomi. (Red)