Ridwan Kamil Minta Puskesmas Keliling Optimalkan Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | INDRAMAYU – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta agar 27 kabupaten/kota di Jabar mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. 

Di antaranya, terang Ridwan Kamil, ialah dengan memperkuat pelayanan Puskesmas Keliling di semua daerah di Jabar. Dengan sistem Puskesmas Keliling, maka vaksinator bisa melakukan vaksinasi Covid-19 ke desa-desa. 

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Kutuk Pelaku Penganiayaan Anak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Sukabumi

“Jadi, polanya diubah bukan warga ke puskesmas, tetapi puskesmasnya yang keliling ke desa-desa jauh mempercepat keberhasilan vaksinasi,” kata Ridwan Kamil di Indramayu, Jumat (10/9/2021).

Dia berharap, pelayanan Puskesmas Keliling bisa membantu upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Jabar. Dengan demikian, target kekebalan komunal atau herd immunity pada akhir 2021 bisa terpenuhi. 

Baca Juga:  Suporter Desak Bupati Perjelas Nasib Persika Karawang

“Berbagai upaya dan strategi terus ditempuh pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. Kolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari swasta, perguruan tinggi, sampai BUMD dan BUMN, pun dilakukan,” katanya.

Baca Juga:  Kampus USB Gandeng MarkPlus, Guna Sertifikasi Kompetensi Dosen Dan Alumni

Ridwan Kamil juga meminta kepada semua perusahaan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19, mengingat infrastruktur Puskesmas dan rumah sakit hanya mencakup 70 persen.

“Kesanggupan infrastruktur Puskesmas dan rumah sakit hanya 60-70 persen, sehingga selebihnya harus didukung oleh Sentra Vaksinasi,” kata Ridwan Kamil. (Red)