Cara Membuat Tteokbokki Rumahan Tanpa gochujang

JABARNEWS | BANDUNG – Cara membuat tteokbokki kerap menjadi incaran para pecinta Korea. Seperti diketahui, negeri ginseng ini tengah digandrungi anak-anak kekinian di Indonesia.

Apalagi ketenaran film dan grup musiknya pun kian menggelora. Bahkan perlahan memperkenalkan sejumlah makanan khas yang banyak digemari, salah satunya tteokbokki.

Tak sedikit adegan film Korea yang menampilkan kehadiran camilan satu ini. Tteokbokki adalah makanan ringan pedas Korea yang menggunakan bihun/kue kental. Kebanyakan tteokbokki biasanya dicampur dengan eomuk atau kue ikan. Selain Itu makanan ini juga bisa kalian buat sendiri di rumah.

Baca Juga:  Akhir Tahun, Tercatat Kasus Kriminalitas 413 dan Tindak Pidana 302 di Cianjur

Bahan yang bisa kalian gunakan untuk membuat tteokbokki yakni 250 gram tepung beras, 3 sdm tepung tapioka, Air panas secukupnya, Garam secukupnya dan Minyak goreng secukupnya.

Untuk bahan Bahan saus (pengganti gochujang) yakni 1 buah bawang bombay ukuran sedang, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai merah besar, 2 buah cabai hijau besar, 1 sdm saus sambal, 1 sdm saus tomat, 1 sdt cabai bubuk, 1 sdm saus tiram, 1 gelas air, Gula dan garam secukupnya serta Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat tteokbokki tanpa gochujang pertama Masukkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam ke dalam wadah. Aduk sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan tangan. Lalu Uleni adonan tteokbokki, buat seperti silinder dengan ketebalan sekitar 1 cm.

Baca Juga:  Emosi Dibentak Pelanggar Prokes, Satpol PP Kota Cimahi Pukul Sopir

Setelah itu potong-potong sepanjang 2 ruas jari. Setelah dipotong-potong, Rebus adonan di dalam air yang sudah diberi sedikit minyak goreng agar nggak lengket.

Jika sudah mendidih dan adonan mengambang, angkat dari panci. Tiriskan airnya dan sisihkan. Iris halus bawang bombay, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah.

Baca Juga:  Polres Pematang Siantar Ringkus 2 Pengedar Narkoba

Lalu, Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu-bumbu iris tadi sampai harum. Masukkan air, kemudian bumbui dengan saus tiram, saus tomat, saus sambal hot lava, gula, garam, dan cabai bubuk.

Langkah Selanjutnya, Masukkan tteokbokki dan odeng/bakso ikan yang sudah dipotong, kemudian aduk hingga merata sambil dituangi minyak wijen. Tunggu sampai kuah mengental dan susut, kemudian angkat dari kompor.

Sajikan tteokbokki di atas piring. Taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang. Belah telur rebus menjadi dua bagian, kemudian letakkan di sampingnya. (Red)