Secara Beruntun, Gempa Skala Kecil Terjadi di Aceh

JABARNEWS | ACEH – Gempa bumi mengguncang beberapa daerah di Provinsi Aceh, Minggu (12/9/2021), pukul 14.51 WIB

Balai Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 3.6 mengguncang Aceh Jaya. Episenter terletak pada koordinat 4.17 LU dan 95.30 BT, pada jarak 60 km Barat Daya, Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 44 km.

Baca Juga:  Perkopindo Siap Berkontribusi Aktif Wujudkan Jabar Juara Lahir Batin

Gempa dengan magnitudo 2.7 guncang Aceh Jaya pada pukul 11.02 WIB, episenter terletak pada koordinat 4.60 LU dan 95.27 BT, pada jarak 34 km Barat Daya, Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 29 km.

Sebelumnya gempa bumi dengan magnitudo 2.4 juga terjadi di Kabupaten Aceh Selatan, sekira pukul 07.53 WIB. Titik gempa terletak pada koordinat 3.28 LU dan 96.95 BT, pada jarak 33 km Barat Daya, Aceh Selatan pada kedalaman 28 km.

Baca Juga:  Bem Dakwah Gelar Baksos Bagi Kaum Disabilitas

Perwira Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Heryanto mengatakan, Provinsi Aceh terus diguncang gempa dengan skala kecil di beberapa daerah. Namun gempa bumi tidak berdampak bagi masyarakat.

“Terus terjadi gempa bumi, tapi skala kecil sehingga tidak berpengaruh bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Inilah Resiko Tidak Bayar Utang Online

Kata dia, Aceh termasuk daerah rawan gempa bumi. BPBA terus melakukan pemantauan setiap terjadi gempa. Langkah ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapat informasi apabila terjadi gempa berskala besar.

“Hari ini ada beberapa kali gempa bumi, tapi tidak ada masyarakat yang merasakan,” bilangnya. (Ptr)