JMN Channel


Antisipasi Lanina, BPBD Jabar: Kita Kurangi Resiko Bencana dengan Mitigasi

Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dani Ramdan (Foto: Humas Satgas Citarum Harum).

JABARNEWS | BANDUNG - Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dani Ramdhan memperingatkan Jabar harus bersiap dari sekarang mengantisipasi bencana akibat fenomena lanina yang diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) muncul akhir 2021.

Antisipasi bencana harus menggunakan paradigma baru yakni mengurangi risiko bencana dengan mitigasi dan bukan lagi pada penanggulangan pascabencana.

Baca Juga:

Kota Bandung Hibahkan Bus ke Daarut Tauhid, Ini Kata Oded M Danial

Ternyata, Empat Jenis Makanan Ini Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa



"Pengurangan risiko bencana itu lebih menekankan kepada upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana. Jadi, segala upaya yang dilakukan pra bencana seperti pelestarian lingkungan" kata Dani dalam keterangan yang diterima, Rabu (15/9/2021).

Dani menjelaskan lebih dari 90 persen bencana yang terjadi di bumi berakar pada kerusakan alam. Oleh karena itu upaya yang dilakukan adalah melestarikan alam.

"Upayanya adalah mencoba menyeimbangkan kembali antara kebutuhan manusia yang bersumber dari alam dengan pelestarian alam. Artinya manusia boleh mengeksploitasi alam untuk kebutuhannya, tetapi tetap harus dibarengi dengan pelestarian," jelas Dani.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Fenomena Lanina BPBD Jabar Kota Bandung Bencana Alam BMKG Jawa Barat Jabarnews

berita terkait

TNI Terus Bergerak Bagikan Sembako Untuk Masyarakat Purwakarta

Mengenal Ragam Manfaat Ruqyah Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak!

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi